Adu Kuat Mahfud Vs Cak Imin Perebutkan Suara NU Jatim

Jakarta, Kabarxxi.com – Pascadeklarasi Ganjar Pranowo-Mahfud Md, banyak pihak menganalisis kekuatan Mahfud Md dibandingkan cawapres pendamping Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar. Keduanya dipandang punya elektabilitas cukup kuat di Jawa Timur, siapa yang lebih unggul?

Kehadiran Mahfud Md disebut-sebut akan memunculkan perebutan suara NU di Jatim, berhadapan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin.

Membuktikan siapa yang lebih unggul tentu hanya bisa terlihat di hasil penghitungan suara Pemilu 2024 mendatang. Namun, beberapa pakar mulai menganalisis dan ada juga survei-survei yang dilakukan menjelang Pemilu.

Salah satu yang melakukan survei terhadap elektabilitas tokoh di mata warga NU Jatim adalah Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Survei tersebut dilakukan selama September 2023. Dari survei tersebut, responden yang merupakan warga NU di Jatim lebih cenderung memilih Mahfud Md ketimbang Cak Imin.

“Warga NU memang cenderung memilih Mahfud Md dengan prosentase 19,5%. Sedangkan untuk Cak Imin sekitar 10,7%,” ujar Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Ruli Inayah Ramadhona saat menyampaikan hasil surveinya, Rabu (18/10/2023).

Survei Pusat Studi Ilmu Politik UMM ini dilakukan melibatkan 1.000 responden yang tersebar di 100 kelurahan atau 36 Kota/Kabupaten di Jatim. Survei dilakukan sebulan penuh selama September 2023 dengan sampling error kurang lebih 3,1 persen.

Menurut hasil survei tersebut keunggulan Mahfud Md atas Cak Imin tidak hanya pada pemilih warga NU, melainkan pada hasil survei elektabilitas secara umum di Jatim. Elektabilitas Mahfud Md juga berada dibatas Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa dan tokoh lainnya. Berikut urutannya:

Mahfud Md 19,4%
Khofifah Indarparawansa 14,5%
Ridwan Kamil 11,1%.
Sandiaga Uno 10,9%
Muhaimin Iskandar 10,9%
Erick Thohir 10,9%
Gibran Rakabuming 4,2%.

Dari survei tersebut, Mahfud Md unggul di wilayah Arek, Mataraman, dan Pantura. Sedangkan Cak Imin sendiri yang merupakan bacawapres pendamping Anies Baswedan hanya unggul di wilayah Madura, begitu juga dengan Khofifah unggul di wilayah Tapal Kuda.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jatim menempati urutan kedua nasional setelah Jawa Barat. Dengan jumlah pemilih sebanyak 31.402.838 atau 20 persen dari pemilih secara nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *