Beranda Daerah Breaking News Bertemu Panglima TNI, Mahfud MD Minta Tak Pakai Pendekatan Senjata di Papua

Bertemu Panglima TNI, Mahfud MD Minta Tak Pakai Pendekatan Senjata di Papua

JAKARTA, KabarXXI.Com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan, pihaknya telah membahas pendekatan baru yang akan digunakan pemerintah untuk menyelesaikan konflik di Papua.

Hal ini dibahas Mahfud bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di kantornya, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

“Intinya itu pendekatan Papua itu pembangunan kesejahteraan yang komprehensif dan sinergis. Artinya pendekatannya di Papua itu bukan senjata, tapi kesejahteraan,” kata Mahfud seperti dilansir dari tempo.co.id, Kamis, 25 November 2021.

Mahfud mengatakan, pendekatan tersebut sudah dituangkan dalam Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020, yang dilanjutkan dengan Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2020.

Baca Juga :  Larangan Mudik Lebaran 2021 Kemenhub Perketat Pengawasan

Komprehensif dalam hal ini, kata Mahfud, meliputi semua hal. Sedangkan sinergis mencangkup semua lembaga terkait secara bersama-sama dan tak berjalan sendiri-sendiri.

“Sehingga istilah Bapak Presiden itu muncul satu produk yang menyatu, tidak Dikbud di sana, Perhubungan di sana, Telkom di sana. Tidak kelihatan hasil pembangunannya itu. Jadi komprehensif, sinergis, terpadu,” kata Mahfud.

Selain itu, kata dia, pendekatan teknisnya nanti adalah operasi teritorial, bukan operasi tempur. Menurutnya, hal ini sudah dibahas dan dijelaskan oleh Andika dalam pertemuan itu.

Baca Juga :  Resmi, Andika Jabat Panglima TNI dan Dudung Dilantik Jadi KSAD
Baca Juga :  DPD RI Dan TNI Bersinergis Dalam Memperkuat Ketahanan Nasional

“Panglima sudah punya gagasan-gagasan tentang pendekatan baru itu dan nanti akan disampaikan pada saatnya,” kata dia.

Andika Perkasa sendiri masih enggan mengungkap secara lengkap gagasan terkait Papua. Ia berjanji akan menjelaskan secara lebih jelas saat Ia berkunjung ke Papua nanti.

“Saya menggunakan dasar hukum yang memang sudah dikeluarkan pemerintah. Itu nanti secara detail akan saya jelaskan pada saat saya di Papua minggu depan,” kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (*/red)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !