Bulutangkis Jadi Cabor Unggulan Provinsi Banten di Sejumlah Even Olahraga

TANGERANG, KabarXXI.Com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus melaksanakan pembinaan bibit atlet bulutangkis untuk ke pentas nasional dan internasional.

Bulutangkis menjadi cabang olahraga unggulan Provinsi Banten di sejumlah even olahraga.

Hal itu diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pembinaan dan Pelatihan Olahraga (PPO) pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten, Firmansyah usai menghadiri Pembukaan 11th Yonex-Sunrise Doubles Special Championship 2023 di Hall DYSCWIBC Jl. Jelupang Raya No. 15 Pondok Agung, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Rabu, 01 November 2023.

Menurut Firman, pembinaan atlet bulutangkis dilaksanakan dengan menggelar berbagai kejuaran, baik yang diselenggarakan Pemprov Banten maupun masyarakat.

“Dengan kejuaraan Yonex Sunrise, Pemprov Banten memberi apresiasi kejuaraan ini. Karena tujuannya memajukan bulutangkis di Provinsi Banten,” ungkapnya.

Menurutnya, kejuaran tersebut merupakan, upaya menjaring bibit atlet bulutangkis untuk tingkat nasional hingga internasional.

Dikatakannya, Pemprov Banten sendiri saat ini membina enam atlet bulutangkis untuk di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) untuk tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas). Cabang olahraga bulutangkis termasuk cabang unggulan untuk meraih medali.

“Usia 13-15 tahun untuk Popnas. Bulutangkis cabang prioritas, selalu memberikan medali,” ungkap Firman.

Sementara itu, Ketua Panitia 11th Yonex-Sunrise Doubles Special Championship 2023, Candra Wijaya mengatakan, tujuan kejuaran untuk membantu PBSI melakukan pembinaan atlet bulitangkis.

Selain itu, kata dia, kejuaraan tersebut untuk mempopulerkan nomor ganda pada olahraga bulutangkis.

Sebagai informasi, ajang bergengsi khusus ganda ini berlangsung pada 1-4 November 2023 di Hall Daihatsu Yonex-Sunrise Candra Wijaya International Badminton Centre (DYSCWIBC). Mempertandingan nomor boy’s, girl’s, mix’s doubles kelompok umur 17 dan 19. Juga nomor senior doubles, senior doubles 100+, dan intern doubles. Kecuali nomor bulutangkis konvensional tersebut, untuk pertama kali juga digelar pertandingan nomor three on three gabungan usia 100+ dan 150+. Selain memperebutkan trofi, kejuaraan ini memperebutkan total hadiah Rp472 juta.

Kejuaraan dibuka oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan didampingi Ketua PBSI Provinsi Banten Sudarto Adinagoro dan Candra Wijaya. Pembukaan ditandai dengan pemukulan shuttlecock ke arah peserta. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *