Beranda Daerah Dampak Indonesia Resesi, Gelombang PHK Mulai Melanda

Dampak Indonesia Resesi, Gelombang PHK Mulai Melanda

Jakarta, Kabarxxi.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 minus 3,49 persen. Dengan demikian Indonesia resmi mengalami resesi saat ini. 

Sejumlah orang pun menilai, resesi akan menimbulkan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) massal ke depannya.

Dirangkum kabarxxi gelombang PHK dampak resesi nyata terlihat, dimana sudah ada ribuan orang yang telah ter-PHK.

PHK terjadi pada beragam perusahaan, mulai dari pabrik sepatu di Tangerang hingga perusahaan karaoke milik penyanyi dangdut Inul Daratista.

PHK di Pabrik Sepatu Tangerang

Kepala Seksi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Disnaker Kabupaten Tangerang Hendramengatakan bahwa Pabrik sepatu di Cikupa, Tangerang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.800 karyawannya.

“Sekitar 1.800-an. Sedang diproses PHK-nya,” ungkapnya (5/11/2020).

Meski enggan menyebut nama perusaannya, Hendra mengatakan PHK ini dilakukan karena perusahaan merugi akibat dampak pandemi Covid-19 yang membuat pesanan ke pabrik menjadi tidak ada.

Dia menjelaskan, 1.800 karyawan itu hanya akan bekerja sampai akhir November 2020 ini. Menurutnya, para karyawan yang kena PHK tersebut sudah dipastikan akan mendapatkan pesangon.

“Jadi divisi-divisi yang sudah tidak operasional ya sudah selesai. Mereka dilakukan pembayaran juga, pembayaran bertahap. Informasinya mereka dapat pesangon,” ungkap Hendra.

Karaoke Inul Daratista

Penyanyi dangdut Inul Daratista terpaksa harus melakukan PHK kepada ribuan karyawannya akibat dampak pandemi COVID-19. Karyawan tersebut berasal dari bisnis tempat karaoke miliknya.

Hal itu terpaksa dilakukan Inul pada karyawannya yang bekerja di Jakarta. Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat bisnisnya tidak dapat beroperasi hingga tidak ada pemasukan.

Baca Juga  Penyebab Bentrokan Pemuda Pancasila-FBR di Ciledug, Begini Kata Polisi

Secara hitungan kasar, Inul menyebutkan ada PHK yang dilakukan di 20 lebih cabang tempat karaokenya. Rata-rata ada 75 orang karyawan di tiap tempat karaoke yang terkena PHK.

“Di Jakarta banyak (Inul Vizta) ada 20 cabang lebih. Karyawannya hitung saja satu outlet ada yang 75 karyawan, kalau di atas 20 sampai 30 (outlet) berapa tuh (yang di-PHK),” kata Inul di Gedung Transmedia, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2020).

Puluhan Buruh Pabrik di Kudus

Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus mencatat dua perusahaan di Kota Kretek tutup karena pandemi virus Corona. Akibatnya puluhan orang terkena PHK.

Kabid Hubungan Industrial dan Perselisihan Ketenagakerjaan pada Dinas Perinkop dan UKM Kudus, Agus Juanto menjelaskan ada dua perusahaan yang tutup, yaitu perusahaan sol sepatu dan perusahaan pengecoran.

“Iya ada dua perusahaan, awal pandemi perusahaan yang bergerak di sol sepatu di Gondoharum Kecamatan Jekulo dan ini ada tambah lagi perusahaan bergerak di bidang cor di Jalan Lingkar Kencing Desa Jati Wetan Kecamatan Jati,” kata Agus di kantornya, Kudus, Selasa (3/11/2020).

Dinas pun mencatat ada puluhan pekerja yang akhirnya terkena PHK. Di perusahaan di Desa Gondoharum ada 17 pekerja yang di PHK.

Kemudian perusahaan di Jalan Lingkar Kudus ada 18 orang terkena PHK. Jika ditotal ada 35 orang kena PHK.

“Kalau perusahaan di Jalan Lingkar ada sebanyak 18 orang, semuanya sudah selesai terkait kewajiban perusahaan. Kemudian di Gondoharum itu ada 17 tenaga. Iya cuman hanya itu,” jelas Dimas.

Sumber: detikcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Viral Video Durasi 19 Detik Mirip Gisel Hebohkan Netizen

Jakarta, Kabarxxi.com - Netizen di Twitter heboh sejak Sabtu (7/11) dinihari lantaran beredar video yang disebut-sebut mirip Gisella Anastasia atau yang biasa...

Kepala Desa Lebak Wangi Tangerang Ditemukan Tewas Gantung Diri

Tangerang, Kabarxxi.com - Nesin, Kepala Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang ditemukan tewas gantung diri. Kamis (5/11/2020).

Berburu Link Gisel, Netizen Kesal Ketemu Video Siksa Kubur

Jakarta, Kabarxxi.com - Netizen dibuat heboh dengan video viral mirip Gisella Anastasia yang tengah melakukan hubungan suami Istri dengan seorang pria.

Asyik Bermain HP Saat Hujan, Dua Orang Tewas Tersambar Petir Di Cikedal

PANDEGLANG, KabarXXI.Com – Cuaca yang buruk dan intensitas curah hujan tinggi dan dibarengi dengan kilatan petir yang terjadi akhir-akhir ini di Kampung...

Berita Pilihan

Tiga Pilar Kecamatan Cisoka Gelar Operasi Yustisi

TANGERANG, KabarXXI.Com – Petugas gabungan dari jajaran Polresta Tangerang bersama, Polsek Cisoka, Ormas Pemuda Pancasila (PP), BPPKB, dan Satpol PP, Kodim, dan...

DPC BB Banjarsari Pertanyakan Pemakaian Material Bekas Pada Rehabilitasi SDN 1 Ciruji Banjarsari

LEBAK, KabarXXI.Com -  Adanya pengakuan Kepala Sekolah SDN 1 Ciruji Kecamatan Banjarsari Kabupaten Lebak, terkait pemakaian material bekas, pada Kegiatan penyediaan...
Pilkada Serentak 2020, KPU Pasaman Rekrut 4.949 Petugas KPPS

KPU Pasaman Rekrut 4.949 Petugas KPPS

Reporter: Ismet Badun | Editor: Mansar PASAMAN, KabarXXI.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman mulai melakukan rekrutmen...
korban gantung diri di pohon nangka

Buruh di Tangerang Gantung Diri di Pohon Nangka

Tangerang, Kabarxxi.com - Seorang pria inisial WS (37) tewas gantung diri di pohon nangka. Sontak menghebohkan warga Kampung Barat, Desa Daru, Kecamatan...
BLT UMKM Langsung Dapat Rp2,4 Juta, Simak Prosedur dan Cara Daftarnya !

Simak Syarat dan Cara Daftar BLT UMKM Langsung Dapat Rp2,4 Juta

Kabarxxi.com - Ikut mendaftar BLT UMKM atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tapi belum terima dananya? Segera cek nama Anda apakah...