Ekbis  

Dubai Business Forum 2023 Dorong Eksplorasi Masa Depan Ekonomi Global

Didukung oleh Dubai Chambers, forum dua hari yang transformatif ini menyatukan para pemangku kepentingan utama sektor publik dan swasta dari seluruh dunia untuk menjalin kemitraan, membina jaringan internasional, dan membuka peluang usaha yang luas.

JAKARTA, KabarXXI.Com – Dubai Chambers, di bawah naungan Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UAE serta Penguasa Dubai, menggelar Dubai Business Forum 2023.

Acara prestisius ini diselenggarakan di Madinat Jumeirah dari tanggal 1–2 November 2023 dengan tema ‘Shifting Economic Power: Dubai and the Future of Global Trade.’

Didukung oleh Dubai Chambers, forum yang berlangsung dua hari ini menyatukan para pemangku kepentingan utama sektor publik dan swasta dari seluruh dunia untuk menjalin kemitraan, membina jaringan internasional, dan membuka peluang besar, di antaranya peran besar Indonesia.

Perundingan bersejarah dari Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang ditandatangani antara Indonesia dan UAE tahun lalu, menandai awal baru dalam kerja sama strategis.

Perjanjian penting ini dirancang untuk meningkatkan perdagangan bilateral, diharapkan dapat meningkatkan nilai total perdagangan dari sekitar AED 11 miliar pada tahun 2021 menjadi AED 36,7 miliar per tahun dalam lima tahun ke depan.

Salah satu aspek penting dari perjanjian ini melibatkan penghapusan bertahap tarif untuk hampir 99 persen komoditas yang paling sering diperdagangkan.

Peran Indonesia dalam kemitraan transformatif ini menjadi sorotan utama. Statistik Bea Cukai Dubai menunjukkan hasil signifikan dari kerja sama ini. Pada tahun 2022, perdagangan non-minyak Dubai dengan Indonesia melonjak menjadi AED 11,9 miliar yang menunjukkan kenaikan tahunan yang signifikan sebesar 26,6 persen. Kehadiran kantor perwakilan Indonesia menjanjikan berbagai peluang baru, baik untuk eksportir Indonesia maupun mitra mereka di UEA.

Guna memperkuat kepemimpinan Indonesia dalam kemitraan strategis ini, delegasi dari Dubai Chambers berkolaborasi dengan tujuh korporasi multinasional di sektor logistik, perangkat lunak dan teknologi, serta farmasi, dengan nilai pasar gabungan sekitar USD 26,1 miliar. Peran Indonesia dalam menarik dan menguatkan bisnis internasional tidak dapat disepelekan.

Dubai Chambers terus berupaya memperkuat hubungan dengan pemangku kepentingan kunci di sektor publik dan swasta di Indonesia. Upayanya tidak terbatas pada memfasilitasi masuknya perusahaan Indonesia ke pasar Dubai, namun juga memperluas dukungan untuk ekspansi internasional melalui emirat tersebut.

Kehadiran kantor di Jakarta berfungsi sebagai jembatan, menciptakan saluran komunikasi baru, dan memupuk kerja sama ekonomi antara bisnis UEA dan Indonesia. Selain itu, Dubai Chambers akan berkolaborasi dengan mitra di Indonesia untuk bersama-sama menyelenggarakan acara networking, seminar bisnis, dan pertemuan bisnis lainnya.

Lama dikenal sebagai Global Business Forum (GBF), Forum Bisnis Dubai diharapkan dapat memainkan peran penting dalam mencapai tujuan Agenda Ekonomi Dubai (D33). Diumumkan pada Januari 2023 oleh Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UAE serta Penguasa Dubai, cetak biru ambisius D33 menampilkan 100 proyek yang bertujuan untuk menggandakan ukuran ekonomi Dubai selama dekade mendatang dan memperkuat posisi emirat tersebut di antara tiga kota global teratas di dunia.

Partisipasi Indonesia dalam Forum Bisnis Dubai merupakan bukti dari pengaruh ekonomi yang terus bertumbuh dan hubungan bilateral yang semakin erat dengan UEA. Bagi Indonesia, forum ini menawarkan platform penting untuk memamerkan potensinya sebagai negara yang memiliki kemampuan dagang yang kuat dan destinasi investasi yang menguntungkan.

Keterlibatan Indonesia akan memajukan kepentingan ekonomi dan bisnis serta memberikan akses ke pasar yang lebih luas dan memberdayakan pemangku kepentingan internasional.

Selain itu, forum ini berfungsi sebagai sarana bagi Indonesia untuk mengeksplorasi tren, inovasi, dan cara terbaik dalam perdagangan dan investasi global. Kemitraan Indonesia dalam forum ini diyakini menguntungkan kedua negara.

Partisipasi Indonesia dalam acara bergengsi ini juga menandakan tidak hanya hubungan bilateral, tetapi juga sinergi global. Kota Dubai yang berdiri sebagai mercusuar inovasi dan pionir industri, menandakan kekuatan ekonomi yang sedang berkembang bersama Indonesia.

Dengan kehadiran Dubai sebagai negara industri terbesar, khususnya di sektor-sektor yang berorientasi pada masa depan, forum ini menyatukan kepala negara yang visioner, pejabat pemerintah, pemimpin bisnis global, dan investor internasional besar untuk mendefinisikan ulang aturan keberhasilan.

Acara ini juga menyatukan pemimpin dari beragam sektor, meliputi teknologi, ritel, keuangan, perjalanan dan perhotelan, real estate, dan kesehatan untuk berpartisipasi dalam diskusi mendalam tentang mentransformasi bisnis untuk masa depan.

Berbicara mengenai peluncuran forum tersebut, Yang Mulia Abdul Aziz Abdulla Al Ghurair, Ketua Dubai Chambers, berkata: “Merencanakan masa depan membutuhkan upaya bersama, dan kami tetap sepenuhnya berdedikasi untuk meningkatkan daya saing ekonomi Dubai sejalan dengan visi kepemimpinan emirate yang bijaksana. Peluncuran Dubai Business Forum menegaskan komitmen kami untuk memfasilitasi peluang bagi pertumbuhan bisnis dan investasi di negara emirat dan lebih jauh lagi, sekaligus membuka jalan bagi bisnis untuk memanfaatkan peluang dari agenda ekonomi ambisius D33 Dubai.”

Yang Mulia Abdul Aziz Abdulla Al Ghurair menambahkan: “Acara prestisius ini berfungsi sebagai katalisator perubahan dengan menciptakan platform yang tak tertandingi untuk konektivitas dan kesepakatan yang memberdayakan para pemimpin bisnis dari seluruh dunia sekaligus memperkokoh posisi Dubai sebagai pusat ekonomi global. Kami menantikan sesi-sesi yang penuh gagasan untuk membuka peluang baru demi pertumbuhan perdagangan dan investasi, serta mentransformasikan bisnis di masa depan.”

Posisi strategis Dubai sebagai gerbang utama untuk bisnis dan perdagangan internasional menempatkannya sebagai tempat yang ideal untuk menyelenggarakan acara sekaliber ini.

Telah diakui sebagai salah satu pusat inovasi terkemuka di dunia dan kemitraan emirat ini berfungsi sebagai jembatan komersial penghubung antarbenua serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan kolaborasi global.

Dubai Business Forum menciptakan platform dinamis yang meningkatkan keterlibatan dengan pemangku kepentingan kunci serta mempercepat pertumbuhan perdagangan dan investasi.

Acara ini sejalan dengan tujuan strategis Dubai Chambers untuk menarik bisnis dan investasi internasional ke emirat, mendukung ekspansi global perusahaan-perusahaan berbasis di Dubai ke pasar-pasar yang ditargetkan, serta lebih meningkatkan lingkungan bisnis yang menguntungkan di Dubai.

Tentang Dubai Chambers

Dubai Chambers adalah entitas publik nirlaba yang mendukung visi Dubai sebagai pemain global dengan memberdayakan bisnis, menyediakan layanan bernilai tambah yang inovatif dan akses ke jaringan yang berpengaruh.

Pada Maret 2021, Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA serta Penguasa Dubai, mengumumkan restrukturisasi Kamar Dagang Dubai dan pembentukan tiga kamar untuk emirat tersebut, yaitu, Kamar Dagang Dubai, Kamar Dagang Internasional Dubai, dan Kamar Ekonomi Digital Dubai, yang kini beroperasi di bawah naungan Dubai Chambers.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi kami di: http://www.dubaichambers.com/

(*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *