Beranda Nasional Edukasi Hukum: Hidup Bukan Persaingan Namun Lebih Tepat Perjalanan

Edukasi Hukum: Hidup Bukan Persaingan Namun Lebih Tepat Perjalanan

Opini Ast. Prof. Dr. Dwi Seno Wijanarko.SH, MH, CPCLE

Jakarta, kabarxxi.com –  Dr.Seno dalam paparannya mengatakan kalau hidup ini untuk bersaing, maka seharusnya setiap manusia itu diciptakan dalam level keadaan dan kemampuan yang sama.  “Karena tidak logis dan tidak adil jika hidup ini dianggap persaingan, ” jelasnya .

Apa masalahnya dengan bersaing? Yang jadi masalah adalah kita tidak punya keberanian untuk mengambil peluang meski itu harus menempuh resiko.

“Bahkan ketika kita tidak mengikuti persaingan di suatu bidang, sebenarnya kita telah mengikuti suatu persaingan lain yang tidak kita sadari. Intinya ketika kita tidak bisa menghindari sesuatu yang sangat besar, maka kita harus menjalaninya dengan suka cita dan berikan yang terbaik agar tidak ada penyesalan,” terangnya.

Oleh karenanya ada sebuah ungkapan dalam bahasa Inggris yang menginspirasi “Call me crazy, but I love to see people happy and succeeding. Live is a journey not a competition” (Sebut saja diriku gila, tapi aku suka melihat orang lain bahagia dan selalu demikian. “Hidup ini adalah sebuah perjalanan, bukanlah sebuah kompetisi persaingan, ” tuturnya.

Baca Juga :  Bamsoet Ungkap Sosok Akidi Tio, Pernah Bersumpah Jika Kaya Raya akan Sumbang Rakyat Palembang

Lebih lanjut Founder LawFirm DSW & Partner Asst. Prof. Dr. Dwi Seno Wijanarko SH.MH.CPCLE menyatakan ada sebagian orang yang menganggap orang lain adalah saingannya, maka dia akan melihat kehidupan ini sebagai kompetisi. Tapi ada sebagian yang lain menganggap orang lain adalah rekan, maka dia akan melihat kehidupan ini sebagai sebuah perjalanan.

Baca Juga :  Pakar Hukum Dr. Dwi Seno Wijanarko Angkat Suara Soal Kriminalisasi Ibu Bhayangkari oleh Oknum Polresta Manado

Dari cara pandang seseorang menganggap orang lainpun, akan melahirkan sikap yang berbeda pula,yang melihat kehidupan ini sebagai kompetisi, akan berbeda sikap juga dengan yang melihat kehidupan ini sebagai sebuah perjalanan.

“Yang pertama akan melakukan segala cara untuk mendapatkan ‘kemenangan’, sementara yang kedua akan melakukan segala cara untuk mendapatkan ‘kualitas’ dalam setiap perbuatannya,” ujarnya.

Baca Juga :  Edukasi Hukum: Kekuatan Alat Bukti Keterangan Saksi Menurut Asst. Pof. Dr. Dwi Seno Wijanarko, S.H., M.H., CPCLE.,C.PA

Tentukan cara pandang Anda dalam menganggap orang lain serta melihat kehidupan ini, karena hal itu pasti akan mempengaruhi sikap dan perilaku anda.

Kalau hidup ini untuk bersaing, maka seharusnya setiap manusia itu diciptakan dalam level keadaan dan kemampuan yang sama. Karena tidak logis dan tidak adil jika persaingan dilakukan dengan para peserta yang level kemampuan dan keadaannya tidak sama dan berimbang. “Hidup ini  bukan persaingan namun perjalanan,” ringkasnya.

“Petunjuk Allah sangat  dibutuhkan agar kita tak tersesat, meminta petunjukNya salah satu hal penting dalam memahami pesan- pesan yang disampaikan semesta sebagai arah dalam perjalanan hidup,” tutup Dr. Seno.

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !