Beranda Nasional Eksepsi dalam Sistem Peradilan Pidana (Plkh- Exspertknowledge)

Eksepsi dalam Sistem Peradilan Pidana (Plkh- Exspertknowledge)

Opini Asst. Prof. Dr. Dwi Seno Wijanarko SH, MH, CPCLE

Jakarta, kabarxxi.com – Xpertknoewledge atau keahlian hukum menurut Dr. Seno, seorang ahli hukum pidana dalam memberikan edukasi matkul plkh bahwa dalam suatu praktek hukum seorang berperan dalam dunia hukum harus memiliki SDM yang memadai atas kemampuan dan kemahiran yang akan handal.

Seorang praktisi yang handal dan unggul didalam penanganan tekhnis perkara pidana,demikian juga seorang ahli yang dihadirkan dalam persidangan memerlukan pula pengetahuan hukum yang luas baik dassolen maupun dassei tentang kedudukan dan ruang lingkup hukum sehingga pendapatnya sebagai ahli dalam sebuah persidangan membuat terang dan jelas sebuah peristiwa hukum.

In the examination of a criminal case, an expert presented in the proceedings requires legal knowledge of the position and scope of his testimony as an expert in a trial.

”Seorang ahli dalam memberikan keterangan atau pendapatnya dalam suatu persidangan perkara pidana harus memiliki pemahaman yang luas serta memadai atas hukum yang akan diberikannya, sehingga menjadi terang dan jelas sebuah peristiwa hukum,” terangnya di Jakarta, Senin(27/9/2021).

Baca Juga :  Dubes Arab Saudi Siap Resmikan Mushola JBS di Kota Cilegon

Lebih lanjut Founder LawFirm DSW & Partner,  Asst. Prof. Dr. Dwi Seno Wijanarko SH, MH, CPCLE memberikan pendapatnya bahwa alur Persidangan Perkara Pengadilan Negeri sebagai berikut.

“Sidang dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum (kecuali perkara tertentu dinyatakan tertutup untuk umum), JPU diperintahkan untuk menghadapkan terdakwa ke depan persidangan dalam keadaan bebas,” jelasnya.

”Terdakwa ditanyakan identitasnya dan ditanya apakah sudah menerima salinan surat dakwaan serta Terdakwa ditanya pula apakah dalam keadaan sehat dan bersedia untuk diperiksa di depan persidangan (kalau bersedia sidang dilanjutkan),” lanjutnya

Baca Juga :  Edukasi Hukum: Hidup Bukan Persaingan Namun Lebih Tepat Perjalanan

Oleh karenanya, terdakwa ditanyakan apakah akan didampingi oleh Penasihat Hukum (apabila didampingi apakah akan menunjuk sendiri, kalau tidak menunjuk sendiri maka akan ditunjuk PH oleh Majlis Hakim dalam hal terdakwa bila diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih ( yang tertuang pada pasal 56 KUHAP ayat (1).

Baca Juga :  Edukasi Hukum Tentang Persidangan Online Menurut Dr. Dwi Seno Wijanarko, S.H., M.H., CPCLE

Selanjutnya, kata Dr. Seno, pembacaan surat dakwaan dan atas pembacaan surat dakwaan tadi terdakwa (Penasehat hukumnya ) ditanya akan mengajukan eksepsi atau tidak dan menurutnya terdakwa/ PH mengajukan eksepsi maka diberi kesempatan dan sidang ditunda.

“Apabila ada eksepsi dilanjutkan tanggapan JPU atas eksepsi, selanjutnya akan dibacakan putusan sela oleh Majlis Hakim.  Apabila eksepsi ditolak dilanjutkan pemeriksaan pokok perkara (pembuktian) dan Pemeriksaan saksi-saksi yang diajukan oleh JPU yang dimulai dari saksi korban serta dilanjutkan saksi lainnya,” pungkas  Dr. Seno.

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !