Beranda Daerah Breaking News Hari Guru Nasional 2021, Presiden Jokowi Dorong Pemulihan Pendidikan

Hari Guru Nasional 2021, Presiden Jokowi Dorong Pemulihan Pendidikan

JAKARTA, KabarXXI.Com – Di momen peringatan Hari Guru Nasional 2021 yang jatuh pada hari ini, Kamis, 25 November 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong adanya pemulihan pendidikan setelah setelah sistem pendidikan Indonesia ditimpa wabah pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun belakangan ini.

“Hampir dua tahun dalam selubung pandemi global, dunia pendidikan di tanah air tetap berjalan meski dengan penyesuaian di sana-sini. Semua itu bisa berlangsung berkat inovasi, kreativitas, adaptasi teknologi, dan tentu saja dedikasi para guru untuk tetap setia mengawal pendidikan generasi muda,” kata Jokowi seperti dilansir dari gatra.com, Kamis, 25 November 2021.

Peringatan Hari Guru Nasional pada tahun ini, tema yang diusung adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Jokowi meminta berbagai pihak untuk saling bahu-membahu memulihkan sistem pendidikan Idnonesia yang terdampak pandemi.

Baca Juga :  Kunjungi NTB, Presiden Jokowi Akan Resmikan Sirkuit Mandalika

“Kini, seraya bekerja keras mengakhiri pandemi ini, mari bergandeng tangan untuk bersama memulihkan pendidikan,” kata Jokowi.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, lebih memberi penekanan pada peran guru. Menurutnya, peran guru sangat vital, bahkan tidak tergantikan dalam menavigasi putra-putri bangsa di tengah berbagai tantangan dunia modern dan kemajuan teknologi.

Oleh karena itu, Wapres menegaskan, pemerintah akan terus meningkatkan kesejahteraan para guru sebagai penyemai tunas bangsa tersebut.

“Pemerintah akan terus memperbaiki kualitas pendidikan, termasuk meningkatkan kesejahteraan guru,” tegas Wapres.

Baca Juga :  Jokowi Hadiri Vaksinasi Massal di Stadion Sport Center Kelapa Dua Tangerang

Wapres juga mengingatkan, guru bukan sekadar profesi, melainkan bakti mulia para pendidik untuk membentuk karakter, mengasah kemampuan, dan mempersiapkan masa depan sebuah bangsa.

“Pasca bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945, gurulah yang menjadi tumpuan bangsa Jepang untuk bangkit membangun kembali negerinya yang sudah porak-poranda,” kata Ma’ruf.

Baca Juga :  Sosok Irjen Napoleon Bonaparte yang Aniaya Muhammad Kece

Dalam konteks perjuangan nasional, Wapres juga menyebut bahwa Indonsia punya pahlawan-pahlawan pendidikannya sendiri.

“Kita pun memiliki pahlawan-pahlawan kemerdekaan yang membaktikan diri sebagai pendidik anak bangsa, seperti Ki Hajar Dewantara, Dewi Sartika, serta lainnya,” sebutnya.

“Jasa mereka sangat besar karena selain menjadi teladan dan suluh kehidupan, guru juga telah menjadi sumber kekuatan bagi kemajuan bangsa,” tegas Ma’ruf.

Untuk itu, pada momen peringatan Hari Guru Nasional ini, Wapres mengucapkan terima kasih atas segala dedikasi para guru.

“Kepada kalian para guru, kami semua mengucapkan terima kasih atas dedikasi kalian yang tulus dalam menyemai tunas-tunas bangsa,” ungkapnya. (*/red)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !