Beranda Daerah Breaking News Indonesia Tawarkan Kesempatan Bagi Investor Singapura untuk Berinvestasi di UMKM Lokal

Indonesia Tawarkan Kesempatan Bagi Investor Singapura untuk Berinvestasi di UMKM Lokal

JAKARTA, KabarXXI.Com – Pemerintah Indonesia memberikan kesempatan kepada para investor di Singapura untuk mempelajari lebih lanjut tentang sektor UMKM lokal dan perusahaan rintisan teknologi yang sedang berkembang pesat dan kesempatan untuk berinvestasi di dalamnya dalam acara online yang akan datang.

Sesi webinar Zoom akan berlangsung pada 12 November 2021, pukul 10.00-11.00 waktu Singapura. Acara tersebut akan dihadiri oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan serta pengusaha Indonesia terkemuka lainnya termasuk Pamitra Wineka, CEO Tanihub, sebuah startup agritech dan Adrian Gilrandy, CEO PTS.sc., startup rantai pasokan.

Acara ini merupakan bagian dari Joint Exhibition & Junction of Startup Landscape in Indonesia atau JEJALA ID, sebuah acara networking yang diadakan oleh Kementerian untuk membantu menghubungkan para pendiri startup dengan investor dan pemodal ventura. JEJALA ID telah menyelesaikan yang pertama dari beberapa roadshow pra-acara 29 Oktober lalu untuk peserta Jepang.

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk mendaftar, silakan klik di sini: https://jejala.id

Bangkitnya Startup Teknologi dan UMKM Indonesia

Pandemi Covid-19 telah mempercepat adopsi ekonomi digital karena menghambat logistik dan transaksi tatap muka. Hal ini menjadi sorotan pada startup teknologi untuk berkembang dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca Juga :  Grup Djarum dan Investor Singapura Suntik Dana Segar ke Startup Moduit sebesar US$ 4,5 Juta

Startup teknologi di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir bahkan sebelum pandemi dan peningkatan e-commerce, pertanian, dan logistik telah mendorong sektor ini untuk ditingkatkan.

Mereka telah berhasil mengumpulkan dana dari kelompok investasi besar, menarik minat karena dukungan dan dukungan yang kuat dari pemerintah Indonesia yang dipelopori oleh Kemenkominfo.

“Adapun UMKM Indonesia, mereka selama ini telah menjadi bagian integral dari perekonomian, membentuk 99% bisnis yang mengejutkan dan bertanggung jawab atas setidaknya 60% dari produk domestik bruto negara. Di tengah pandemi, karena orang lebih terlibat dalam e-commerce karena pembatasan fisik yang ditimbulkan oleh pandemi, telah terjadi peningkatan eksponensial dalam kebutuhan pengiriman dan layanan terkait logistik yang sebagian besar dijawab oleh UMKM,” kata Semuel.

Baca Juga :  85 KPM Desa Mekarsari Kecamatan Cihara, Terima BLT Dana Desa Bulan K- 5

Pemerintah Indonesia Tawarkan Dukungan Penuh untuk Mengembangkan Ekonomi Digital

Di Indonesia tech start-up dan UMKM sekarang sedang dianggap sebagai memainkan bagian utama dalam pemulihan negara itu. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kecepatan dan jangkauan startup berbasis teknologi yang beroperasi di ruang digital untuk membangun ekonomi digital negara, dengan bantuan UMKM.

“Teknologi akan membantu kita, UMKM, meningkatkan skalabilitas bisnis. Melalui teknologi, kita tidak perlu banyak berinvestasi dalam infrastruktur untuk melayani pelanggan lintas negara. Apalagi sebagian besar bisnis di Indonesia masih dikelola secara konvensional yang berarti mereka menghadapi banyak inefisiensi pengelolaan. bisnis mereka. Solusi berteknologi yang dapat membantu bisnis tumbuh, akan memiliki peluang pasar yang besar,” kata Adrian.

Inisiatif pemerintah yang telah diluncurkan untuk membantu UMKM antara lain mengalokasikan US$2,07 Miliar untuk pengembangan TIK, mendukung kewirausahaan digital, meningkatkan literasi digital masyarakat, dan menghadirkan layanan publik secara online.

Baca Juga :  DMI Kabupaten Serang Apresiasi Kegiatan Vaksinasi Covid-19

Untuk lebih membantu UMKM mengembangkan operasi teknologinya, Kemkominfo telah bermitra dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia untuk meluncurkan kelas online bagi 2.500 UMKM dari Oktober hingga Desember tahun ini.

Tentang Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) adalah lembaga resmi pemerintah Indonesia yang bertugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan nasional di bidang komunikasi dan informatika. Hal ini juga bertanggung jawab untuk mempercepat distribusi teknologi informasi dan infrastruktur digital sehingga masyarakat dapat memiliki akses yang efisien ke jaringan telekomunikasi dan internet yang up-to-date.

Untuk informasi lebih lanjut tentang JEJALA ID serta industri startup di Indonesia, kunjungi website Kemenkominfo di www.kominfo.go.id.

Sumber: PRNewswire

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !