Beranda Ekonomi Inflasi Meningkat 5,4 Persen, Survei Politico: Mayoritas Salahkan Joe Biden

Inflasi Meningkat 5,4 Persen, Survei Politico: Mayoritas Salahkan Joe Biden

Global, kabarxxi.com – Sebuah jajak pendapat meletakkan kesengsaraan ekonomi dan inflasi semata-mata di kaki Presiden Joe Biden, seperti dirilis Rabu (29/7/2021) lalu. 

Menurut jajak pendapat Morning Consult/ Politico, 52% pemilih mengatakan Biden “paling bertanggung jawab” atas keadaan ekonomi saat ini, dengan 29% mengatakan mantan Presiden Donald Trump paling bertanggung jawab dan 19% mengatakan mereka tidak memiliki pendapat.

Sebagian besar pemilih juga merasa pemerintahan Biden membawa negara ke arah yang salah secara keseluruhan, 53% hingga 47%, dan mayoritas dari mereka yang melihat ekonomi sebagai masalah No. 1 percaya bahwa pemerintahan berjalan ke arah yang salah, 56% menjadi 44%.

Sebanyak 90% dari mereka yang disurvei mengatakan mereka “agak atau sangat” prihatin tentang ekonomi, dengan 93% dari Partai Republik, 88% dari Demokrat dan 89% dari independen merasa seperti itu, menurut jajak pendapat.

Sebagian besar pemilih yang disurvei (85%) mengatakan mereka agak atau sangat prihatin dengan tingkat inflasi negara yang tinggi selama 13 tahun sebesar 5,4% untuk tahun yang berakhir pada Juni.

Baca Juga :  Ketua Gerakan Indonesia Anti Korupsi: Telusuri Asal Harta Kekayaan Pejabat yang Meroket

Sebagian besar pemilih (53%) menyalahkan kenaikan inflasi pada kembalinya Amerika ke perilaku pra-pandemi sebagai “sangat atau agak” bertanggung jawab, menurut jajak pendapat.  Angka yang lebih tinggi, 59%, memandang kebijakan pemerintahan Biden sebagai yang paling bertanggung jawab atas kenaikan inflasi.

Terlepas dari kesuraman inflasi dan pengangguran yang terus berlanjut, pemilih dalam survei itu optimis tentang masa depan, dengan 40% mengatakan segalanya akan menjadi “agak atau jauh lebih baik”, dibandingkan dengan 38% yang mengatakan keadaan akan menjadi lebih buruk, dan 21% yang mengatakan tidak akan ada perubahan atau tidak memiliki pendapat.

Baca Juga :  Pelantikan Presiden Terpilih Joe Biden Akan Digelar Secara Parade Virtual

Sementara pengumuman belum lama ini, bahwa indeks kepercayaan konsumen meningkat menjadi 129,1 pada Juli, naik dari 128,9 pada Juni, membawanya ke level tertinggi sejak Februari 2020, tampaknya memperkuat temuan survei.

”Penilaian konsumen terhadap kondisi saat ini tetap stabil, menunjukkan pertumbuhan ekonomi di Triwulan ke-3 dimulai dengan awal yang kuat. Optimisme konsumen tentang prospek jangka pendek tidak goyah, dan mereka terus berharap bahwa kondisi bisnis, pekerjaan, dan prospek keuangan pribadi akan membaik,” kata Lynn Franco, direktur senior indikator ekonomi di The Conference Board.

Baca Juga :  Perwakilan PPWI di Libya Resmi Terdaftar di Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Libya

”Ekspektasi inflasi jangka pendek sedikit mereda tetapi tetap tinggi. Niat belanja meningkat pada bulan Juli, dengan persentase konsumen yang lebih besar mengatakan bahwa mereka berencana untuk membeli rumah, mobil, dan peralatan utama dalam beberapa bulan mendatang,” terangnya.

“Dengan demikian, belanja konsumen harus terus mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat di paruh kedua tahun 2021,” ujarnya seperti dikutip newsmax. Jajak pendapat dilakukan dari 23-26 Juli dengan 1.997 pemilih terdaftar dan memiliki margin kesalahan plus atau minus 2 poin persentase.

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !