Beranda Daerah Breaking News Ismail Marzuki, Tokoh yang Tampil di Google Doodle Hari Ini

Ismail Marzuki, Tokoh yang Tampil di Google Doodle Hari Ini

SERANG, KabarXXI.Com – Di hari Pahlawan 10 November 2021 ini, Google Doodle menampilkan sosok Ismail Marzuki yang merupakan salah satu pahlawan dan tokoh nasional.

“Ini untukmu Ismail Marzuki-terima kasih telah menulis soundtrack untuk kemerdekaan Indonesia!,” tulis Google, dikutip Rabu, 10 November 2021.

Dilansir dari google.com, Ismail Marzuki dipilih sebagai tokoh yang tampil di Google Doodle tidak lain karena kiprahnya di bidang musik yang kemudian mengantarkannya menjadi salah satu tokoh Pahlawan Nasional.

Musik-musik bernuansa patriotisme diracik oleh Ismail Marzuki dinilai berkontribusi terhadap upaya perjuangan kemerdekaan Indonesia. Lagu-lagu karangan Ismail Marzuki, antara lain “Halo-Halo Bandung”, “Rayuan Pulau Kelapa”, “Gugur Bunga”, dan “Ibu Pertiwi”.

Ismail Marzuki lahir dan tumbuh di tengah suasana penjajahan. Dilansir dari p2k.unkris.ac.id, Ismail Marzuki lahir di Batavia pada 11 Mei 1914. Di tengah suasana kolonialisme, musisi merupakan profesi yang sangat jarang ditemui. Kondisi tersebutlah yang dihadapi oleh Ismail Marzuki dalam kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga :  Kemensos Dukung dan Beri Akses Penuh Terhadap Proses Hukum di KPK

Meskipun demikian, sebagaimana dilansir dari google.com, Ismail Marzuki memiliki kesempatan untuk bermain musik selama lima jam setiap harinya. Hasilnya, Ismail Marzuki mampu menguasai delapan alat musik sekaligus, yakni harmonika, mandolin, gitar, ukulele, violin, accordion, saxophone, dan piano.

Salah satu lagu paling terkenal yang pernah diciptakan oleh Ismail Marzuki adalah “Rayuan Pulau Kelapa”. Saking terkenalnya, sebagaimana dilansir dari p2k.unkris.ac.id, lagu tersebut sering diputar sebagai lagu penutup oleh Stasiun TVRI selama Pemerintahan Orde Baru.

Baca Juga :  Google Doodle Hari ini Menampilkan Sosok Roehana Koeddoes, Wartawan Perempuan Pertama yang Jadi Pahlawan Nasional

Sementara itu, lagunya yang berjudul “Halo-Halo Bandung” justru menuai kontroversi. Kontroversi yang menyelimuti lagu tersebut bukan terdapat pada substansinya, melainkan dalam aspek keasliannya. Dilansir dari p2k.unkris.ac.id, banyak pihak yang meragukan dan memperdebatkan bahwa lagu “Halo-Halo Bandung” diciptakan oleh Ismail Marzuki.

Baca Juga :  Dimediasi Camat Puncu, Perseteruan Antara Kades Manggis dan Wartawan Berakhir Damai

Terlepas dari kontroversi tersebut, Ismail Marzuki hingga kini terus dikenang sebagai sosok komposer sekaligus Pahlawan Nasional yang memiliki kontribusi besar.

Dilansir dari ikpni.or.id, untuk mengenang jasa dan karya Ismail Marzuki, Pemerintah Orde Baru mendirikan Taman Ismail Marzuki di daerah Menteng, Jakarta Pusat pada 1968. Tidak hanya itu, pada 2004, Pemerintah Indonesia juga menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Ismail Marzuki. (*/red)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !