Jelang Pemilu 2024, Polda Banten Gelar Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan KPU dan Bawaslu

SERANG, KabarXXI.Com – Polda Banten menggelar penandatanganan perjanjian kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten di ruang perjamuan Mapolda Banten, Jumat, 06 Oktober 2023.

Kegiatan itu dihadiri Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, Ketua KPU Provinsi Banten Mohamad Ihsan, Ketua Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal serta PJU Polda Banten.

Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto dalam sambutannya mengatakan, Pemilu 2024 ini membutuhkan kerja sama dari semua elemen agar dapat berjalan aman dan lancar.

“Pagi ini kita berkumpul bersama dalam rangka pemandangan kerja sama antara KPU, Bawaslu dan Polda Banten untuk menghadapi Pemilu 2024 yang menjadi tanggung jawab kita semua guna sukseskan Pemilu 2024,” ucap Kapolda.

Rudy berharap, penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut bisa menjadi sinergi dalam kegiatan pengamanan sehingga dalam proses tahapan pemilihan aman, nyaman, dan kondusif.

“Diharapkan kerja sama ini bisa semakin mempererat koordinasi di semua tingkatan dengan KPU dan Bawaslu dalam menghadapi tahapan-tahapan Pemilu 2024 ke depan yang semakin berat,” harap Rudy.

Sementara itu, Ketua KPU Banten, Mohamad Ihsan mengucapkan apresiasi kepada Polda Banten yang sudah menginisiasi kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan apresiasi kepada Polda Banten yang sudah menginisiasi dan memprakarsai penandatanganan kerja sama ini, tentunya dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan tugas dan fungsi dalam sukseskan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2024,” katanya.

Menurut Ihsan, kegiatan ini berfungsi untuk ruang lingkup kerja sama di antaranya mengenai keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan Pemilu 2024.

“Ruang lingkup dalam kerja sama ini di antaranya pertukaran data dan informasi, penegakan hukum serta bantuan hukum, dan peningkatan kapasitas di bidang keamanan dan ketertiban,” jelas Ihsan.

“Kami berharap, bantuan dari Polda Banten dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2024. Kami tidak bisa sendiri dan memerlukan peran serta semuanya dalam sukseskan Pemilu 2024,” harap Ihsan.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Banten, Ali Faisal mengatakan, pihaknya masih terus melaksanakan pengawasan dalam seluruh tahapan yang sedang dilakukan.

“Saat ini kami melaksanakan tugas fungsi pengawasan, pencegahan dalam seluruh tahapan yang saat ini sedang dilakukan dan KPU RI melaunching IKP menempatkan Provinsi Banten rawan rendah tertinggi dari 21 Provinsi yang dinilai,” ujarnya.

Ia mengajak Polda Banten untuk bersama menjaga pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami mengajak bersama Polda Banten untuk memitigasi early warning system, dan kita meneropong Pemilu 2024 dengan cara pandang dan tindak lanjut dari indeks yang sudah dilansir oleh Bawaslu RI,” ajaknya.

Ali berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat bersama mencegah dan mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024 agar aman.

“Semoga dengan adanya kegiatan kerja sama ini dapat memformulasikan beberapa hal terkait pencegahan, dan pengawasan. Semoga kerja sama ini dapat lebih efektif dikemudian hari untuk menangkal dan meminimalisir, bahkan menghilangkan terkait dengan politik uang,” tutupnya. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *