Beranda Daerah Breaking News Kemenkominfo Berkolaborasi dengan Grup Band HIVI!, Promosikan Literasi Digital ke Generasi Z

Kemenkominfo Berkolaborasi dengan Grup Band HIVI!, Promosikan Literasi Digital ke Generasi Z

JAKARTA, KabarXXI.Com – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi mengumumkan kolaborasinya dengan grup band HIVI! untuk tingkatkan edukasi literasi digital, khususnya bagi generasi Z di Indonesia.

Lewat kolaborasi ini, Kemenkominfo dan HIVI! memperkenalkan aransemen musik easy listening dengan lirik yang menggugah generasi muda untuk bijak menggunakan internet. Video musik ini juga mengajak anak muda untuk semakin cerdas menyikapi dampak negatif internet, khususnya bagi kesehatan mental mereka.

Ada lebih dari 200 juta orang di Indonesia yang aktif menggunakan internet dalam berinteraksi sosial. Khususnya selama pandemi, masyarakat semakin meningkatkan penggunaan internet dan teknologi digital untuk menjaga produktivitasnya.

“Namun, teknologi digital dan internet juga berdampak negatif jika digunakan untuk menyebarkan hoax, cyber-bullying, radikalisme, bahkan terorisme. Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai literasi digital, sehingga mereka, khususnya generasi muda, semakin bijak menggunakan internet,” ujar Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kemenkominfo.

Oleh karena itu, pemerintah meningkatkan kolaborasinya dengan komunitas anak muda, salah satunya HIVI!, grup band beranggotakan empat musisi berbakat, yang telah merilis berbagai lagu populer dan easy listening sejak tahun 2002.

Lewat kolaborasi ini, diharapkan pemerintah dapat semakin mudah menjangkau khalayak yang lebih muda untuk menyosialisasikan literasi digital.

Baca Juga :  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Sowan ke Kapolri

Dalam kolaborasi ini, HIVI! menulis dan mengaransemen sebuah lagu berjudul “Cerita Dunia Maya #MakinCakapDigital” yang mengajak generasi Z memanfaatkan internet untuk kegiatan-kegiatan yang positif. Kampanye lewat video musik ini juga mengedukasi mereka untuk semakin berani dan bertanggung jawab dalam mengeksplorasi diri melalui konten digital.

“Musik merupakan sarana yang universal dan sangat mudah diterima oleh masyarakat dari seluruh kalangan. Lewat musik, pendengar juga sangat mudah terhubung secara emosional, sehingga kami berharap pesan dari kampanye ini dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh masyarakat khususnya anak muda,” ujar Rizki.

Baca Juga :  Menjawab Kerinduan Masyarakat, Jazz Gunung Bromo 2021 Kembali Digelar dengan Prokes Ketat

#MakinCakapDigital: Sebarkan Pesan yang Positif dan Kreatif untuk Generasi Z

Lewat #MakinCakapDigital, Kemenkominfo dan GNLD Siberkreasi terus menghadirkan kampanye yang kreatif untuk menyebarkan pesan positif mengenai literasi digital bagi generasi Z di Indonesia.

Dalam kolaborasi melalui lagu yang dilakukan bersama HIVI! ini, pemerintah mendorong generasi muda untuk bijak menggunakan internet.

Lirik dalam lagu ini mengajak masyarakat agar mengoptimalkan internet untuk hal-hal yang produktif, percaya diri, khususnya dalam mengekspresikan versi terbaik dari diri mereka sendiri, serta bijak menyaring negativity di dunia maya.

Baca Juga :  Asmanah Seorang Nenek Hidupnya Merasa Terzolimi dan Tidak Mendapatkan Keadilan

Dengan lirik sederhana namun memiliki makna mendalam, seperti “di dunia maya kita semua punya cerita, di dunia maya kita semua bisa berkarya,” generasi muda diajak untuk menjadi agen perubahan di dunia maya, yang dimulai dari diri mereka sendiri.

Masyarakat dapat menyimak lagu “Cerita Dunia Maya #MakinCakapDigital” kreasi Kemenkominfo Siberkreasi dan HIVI! ini melalui YouTube dan Spotify.

Tentang Kemenkominfo RI

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) melalui Literasi Digital Direktorat Pemberdayaan Informatika memiliki fungsi utama melakukan edukasi dan penetrasi literasi digital bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam upaya mempercepat transformasi digital Indonesia.

Kemenkominfo bekerja sama dengan mitra jejaring Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi memberikan edukasi literasi digital kepada masyarakat luas melalui berbagai bentuk media.

Gerakan ini difokuskan pada pemanfaatan literasi digital sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bangsa dan memajukan bangsa Indonesia.

Sumber: PRNewswire

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !