Beranda Daerah Breaking News Ketua DPD RI Minta SOP Keselamatan di Objek Wisata Ditingkatkan

Ketua DPD RI Minta SOP Keselamatan di Objek Wisata Ditingkatkan

JAKARTA, KabarXXI.Com – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta para pengelola objek wisata untuk meningkatkan serta memperketat penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) keselamatan.

Menurut LaNyalla, kecelakaan perahu di objek wisata Waduk Kedung Ombo, Jawa Tengah, harus menjadi pelajaran.

Seperti diketahui, perahu wisata yang mengangkut 20 penumpang tenggelam di Waduk Kedung Ombo. Sebanyak 11 orang berhasil diselamatkan, enam orang ditemukan meninggal, dan tiga lainnya masih dalam pencarian.

“Turut berduka atas kejadian itu. Peristiwa ini harus menjadi pelajaran ke depan dan harus ada evaluasi secara menyeluruh. Disparbud seharusnya menjamin keselamatan masyarakat yang berwisata,” kata LaNyalla, Minggu, 16 Mei 2021.

Baca Juga :  Sekcam Binawidya Pekanbaru Terjaring OTT Tim Saber Pungli Polda Riau

Ia menyarankan, lokasi wisata ditutup dahulu guna mendukung proses pencarian korban. Selain itu, Ia meminta pengelola bertanggungjawab sepenuhnya.

“Kedua evaluasi SOP keselamatan. Pastikan yang naik perahu semua memakai pelampung. Kapasitas perahu juga dibatasi, jangan sampai kelebihan muatan,” imbuhnya.

Mantan Ketua Umum PSSI itu meminta aparat mengusut lebih jauh insiden tersebut. Indikasi adanya human error perlu dipastikan dan siapapun itu harus mempertanggungjawabkannya.

Baca Juga :  Singgung Hilangnya Kewenangan DPD RI, LaNyalla Harap Political Will Presiden

“Kalau dilihat dari kejadiannya, kemungkinan besar ada unsur keteledoran manusia. Kita minta bawa ke proses hukum sesuai aturan yang ada,” katanya.

Baca Juga :  Ketua DPD RI Dukung Pembentukan Kabupaten Sambas Utara

Menurut LaNyalla, sejumlah tempat wisata air kerap mengabaikan standar keamanan untuk pengunjung. Oleh karena itu, Ia meminta agar unsur keselamatan ini dimasukkan sebagai syarat penting dalam perizinan.

“Saya sudah hubungi beberapa anggota DPD yang ada di dapilnya masing-masing. Saya minta mereka pantau dan tinjau wisata-wisata air di daerahnya. Mereka harus pastikan standar keselamatan pengunjung diterapkan dengan benar,” ucapnya. (*/red)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

PANTAU TERUS !