Beranda Daerah Breaking News LAKSI: Hentikan Dugaan dan Spekulasi Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang

LAKSI: Hentikan Dugaan dan Spekulasi Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang

JAKARTA, KabarXXI.Com – Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (LAKSI) meminta agar publik bersabar dan tidak turut terlibat menyebarkan berita hoax soal musibah kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang.

“Kami sangat prihatin dengan adanya berbagai statmen dugaan dan spekulasi penyebab kebakaran yang muncul di berbagai media yang tidak dapat dipertanggung jawabankan kebenarannya,” kata Kordinator Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (LAKSI), Azmi Hidzaqi melalui perss releasenya yang diterima media ini, Selasa, 14 September 2021.

Azmi juga menyampaikan turut berduka cita yang mendalam terkait musibah kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang.

“Kami ucapkan bela sungkawa kepada para keluarga korban yang ditinggalkan. Dalam peristiwa itu sejumlah narapidana yang meninggal dunia sebanyak 44 orang. Tentunya kita berharap agar pihak Kepolisian dapat mengungkap penyebab terjadinya musibah kebakaran itu. Marilah kita menghormati proses hukum yang sedang dilakukan, sehingga Polisi dapat menuntaskannya dan memberikan informasi secara terang benderang,” tuturnya.

Baca Juga :  Pimpinan DPD RI Sepakat UU Larangan Minuman Beralkohol akan Berdampak Positif

Ia meminta kepada para pengamat dan politisi agar bersabar dan menahan diri agar tidak memberikan statmen yang dapat menggiring opini yang menimbulkan spekulasi.

“Kami mengajak masyarakat untuk tidak berspekulasi terkait penyebab kebakaran ini. Sehingga tidak menimbulkan kebingungan dan kegaduhan di media sosial. Sebaiknya kita tunggu proses penyidikan yang dilakukan oleh Polisi. Jangan pernah menuduh pihak tertentu sehingga dapat merugikan pihak Kementrian Hukum dan HAM, maka biarkan Polisi menyelesaikannya karena itu ranah Polisi,” jelasnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk tidak memberikan opini dan narasi yang spekulatif yang dapat membangun berita hoax.

Baca Juga :  Terkait Kebakaran Lapas Tangerang, Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi: Revitalisasi Lapas Harus Dipercepat

“Oleh sebab itu, jangan berandai-andai, soal penyebab musibah itu, dan jangan buat opini dengan narasi-narasi yang dapat menyudutkan pihak Dirjen PAS, ataupun narasi yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Lex Specialis Profesi Jurnalis Terkait Proses Hukum Wartawan Asrul Menurut Dr Seno

Seperti diketahui, kata Azmi, amuk si jago merah sendiri muncul lantaran diduga terjadinya korsleting listrik. Api membakar Lapas selama kurang lebih dua jam sejak pukul 01.45 WIB, dan berhasil dipadamkan pukul 03.00 WIB. Dugaan awal, kebakaran terjadi karena korsleting listrik di Blok C2 Lapas Kelas 1 Tangerang.

“Semoga dengan adanya musibah kebakaran ini dapat dijadikan pelajaran untuk stakeholder yang ada, untuk segera melakukan pembenahan ke arah yang lebih baik di setiap Lapas di Indonesia,” tutupnya. (*/red)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !