Beranda Nasional LSM GIAK: Jelang Dua Tahun Jokowi- Ma’ruf, Rapornya Hampir Merah

LSM GIAK: Jelang Dua Tahun Jokowi- Ma’ruf, Rapornya Hampir Merah

Jakarta, kabarxxi.com – Ketua DPP Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK), Jerry Massie memberikan nilai rapor dua tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf hampir merah. Oleh karenanya, Jerry Massie meminta agar Presiden Jokowi membenahi dan memperbaiki di sisa Pemerintahan tiga tahun ini.

“Kalau rapor, 2 tahun Jokowi-Ma’ruf hampir merah. Bukan merah, masih ada hal yang baik juga sih dari Jokowi. Relatif lah, masih kurang, perlu dibenahi 3 tahun ini. Jadi presiden harus tegas dan berani,” kata Jerry Massie, Kamis (14/10/2021).

Jerry Massie menyoroti sektor penegakan hukum sejak Presiden Jokowi di periode kedua ini. Banyak yang harus dibenahi terutama di law inforcement. Menkumham kemarin ada asimilasi dan pengurangan hukuman bagi koruptor, ini sebenarnya tidak masuk akal.

“Harusnya ditambah. Karena kan ini hukum positif selain teroris dan narkoba, harusnya sejak dulu, dari GIAK kita sarankan hukuman mati, cuma ada batasannya ya ada limitnya. Duit unlimited tapi kita kasih limited. Kan semua itu bakal digodog di parlemen, jadi UU,” ungkapnya.

Baca Juga :  Komjen Dharma Pongrekun Dicopot dari Wakil Kepala BSSN, Mungkin ke Polri

Dalam dua tahun ini ada Pandora Papers, itu pukulan telak bagi pemerintah, khususnya Presiden Jokowi. Secara individual, Presiden itu tidak mengamati pergerakan para Menterinya. Tapi dengan adanya isu ini harusnya Presiden cepat tangkap dan tanggap Berita seperti ini.

“Apalagi bukan hoax ya, sumbernya jelas,” ucapnya lagi.

GIAK mengaku tak sependapat jika 57 eks Pegawai KPK yang tak lolos TWK dan sudah lama menekuni penyidikan korupsi dipindah ke Mabes Polri (Bareskrim). “Pertanyaan saya, yang di KPK itu kan dari Mabes Polri sama Kejaksaan Agung? Agak bingung juga sebetulnya,” ucapnya.

Harusnya lembaga antirasuah ini lembaga tinggi negara yang boleh di luar Presiden, seperti KPU juga itu. Harusnya tidak ada intervensi seperti di Hong Kong itu. Bahkan Presiden pun sekalipun mereka bisa memeriksa di Korsel dsb.

Baca Juga :  Mana Sektor Esensial dan Kritikal, Istilah dalam PPKM Darurat

“Kalau kita kan nggak ada ya. Lebih perketat, kalau memang lembaga di luar Presiden seperti KPK harusnya bisa memeriksa Siapapun presidennya jika melakukan tipikor. Ya tidak menutup kemungkinan siapapun yang Tersandung itu bisa dijerat. Perkuat UU 31/1999,” jelasnya.

Baca Juga :  Tak Mau Kedok Terungkap, Pemilik Kapal Api Tunggangi Mabes Polri untuk Kriminalisasi Wartawan

“Selama ini kan masih adem ayem saja kalau bicara korupsi. Contohnya korupsi bansos, menteri era Jokowi pun sampai 4 ini yang terlibat tipikor. Tinggal ketegasannya saja, hukuman apa, punishment apa yang diberikan. Jangan segan untuk fired ya, pecat kalau Jokowi sudah tahu,” papar Jerry lagi.

Selain itu, Jerry juga mengingatkan agar pentingnya Jokowi mendengar aspirasi publik bahkan media, lembaga anti korupsi. Contohnya sekarang ada perang antara pemerintah dan aktivis. Saling melaporkan Moeldoko dengan ICW, dan LBP dengan Haris Azhar.

“Ini kan perang antarlembaga antara lembaga Antikorupsi non pemerintah dan pemerintah.

Dengan munculnya nama yang dirilis, nama perusahaan anak buah Jokowi, ini sebetulnya Jokowi harus tegas, kalau boleh menyuruh investigasi perusahaan tersebut,” sebutnya.

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !