Beranda Nasional Mahfud MD Ajak Masyarakat Kawal Dana Pemilu 2024: Jangan Boros!

Mahfud MD Ajak Masyarakat Kawal Dana Pemilu 2024: Jangan Boros!

Jakarta, Kabarxxi.com – Menko Polhukam Mahfud Md menyampaikan dana Pemilu 2024 harus benar-benar dikawal pelaksanaannya. Dia ingin pelaksanaan Pemilu tidak boros anggaran.

Hal itu dikataman Mahfud saat launching Indeks Koordinasi Bidang Politik Hukum dan Keamanan (IKO-Polhukam), di Jakarta, seperti disampaikan melalui keterangan tertulis, Jumat (29/7/2022).

“Sebentar lagi Pemilu, kita sepakat Pemilu 2024 kita yang harus kawal, kelembagaannya, proses hukumnya, anggarannya mungkin di Kementerian Keuangan tetapi kita harus kawal agar tidak boros tetapi tidak menyebabkan tidak bisa jalan. Apalagi beberapa bulan lagi ada pengumuman Parpol yang terverifikasi di dalam Pemilu, kita semua harus siap menjaga negara ini,” katanya.

Baca Juga :  Atas Tuduhan Penggelapan Bilyet, Ini Bantahan LQ Indonesia Lawfirm

Seperti diketahui, KPU dan DPR telah menyepakati anggaran untuk pemilu 2024. Disebut, nilai anggaran yang dibutuhkan oleh KPU adalah Rp 76 triliun.

Selain soal dana pemilu, Mahfud Md juga menyinggung soal daerah otonomi baru atau DOB Papua. Menurut Mahfud, perlu ada koordinasi yang baik mulai dari persiapan pembentukan pemerintahannya hingga memetakan Dapil dan proses Pemilu di daerah baru tersebut. Mahfud menyebut awal tahun depan tiga provinsi baru Papua sudah harus terbentuk.

“Daerah otonomi baru di Papua ini juga pekerjaan sendiri. Karena itu terkait dengan banyak hal. Satu, dengan DOB dibentuk tiga provinsi, berarti awal 2023 harus sudah terbentuk pemerintahannya. Karena kita akan segera memetakan Dapil dan proses Pemilu di daerah baru yang di UU lama tidak ada,” ujarnya.

Baca Juga :  Macet di Pelabuhan Merak, Mahfud MD: Pemerintah Sudah Berusaha Maksimal

Mahfud juga menyinggung soal pentingnya koordinasi mengenai pelaksanaan Pemilu di Ibu Kota Negara (IKN) dan DKI Jakarta 2024 mendatang. Dia mengatakan perlu ada pengendalian yang bagus dan terukur salah satunya melalui Indeks Koordinasi (IKO Polhukam) yang baru saja diluncurkan.

“IKN pun nanti Pemilu-nya masuk Provinsi Kalimantan Timur atau khusus? Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang ada sekarang juga Pemilu-nya bagaimana, sekarang sudah tidak ibu kota di tahun 2024, pemilihnya apakah sama? Ini semua butuh koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian yang bagus, mantap, dan terukur, misalnya melalui Indeks Koordinasi seperti yang kita luncurkan hari ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Pengamat: Jokowi Tiga Periode Mungkin Tanpa Pemilu

Indeks Koordinasi Bidang Polhukam, menurut Mahfud, merupakan instrumen yang dapat digunakan sebagai tools dalam mengukur dan memetakan kekuatan serta tugas dan fungsi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan pemerintahan.

“IKO Polhukam nantinya akan mempunyai empat fungsi, pertama untuk mengukur kinerja, sinergi, dan efektivitas fungsi koordinasi bidang Polhukam. Kedua, untuk memetakan kekuatan dan kelemahan koordinasi di bidang Polhukam. Ketiga, untuk memetakan sumbatan tusi koordinasi, dan keempat untuk menetapkan strategi dan langkah perbaikan kebijakan koordinasi Kemenko Polhukam,” imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !