Beranda Nasional Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI Sesalkan Pemanggilan Arteria Dahlan ke Polres Bandara

Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI Sesalkan Pemanggilan Arteria Dahlan ke Polres Bandara

Jakarta, kabarxxi.com – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menilai pemanggilan Arteria Dahlan ke Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyalahi UUD MD3 tentang MPR/DPR/DPD. Pasalnya, untuk memanggil anggota DPR harus melalui izin Presiden Joko Widodo..

Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman mengatakan, apabila polisi membutuhkan keterangan Arteria terkait cekcok dengan wanita yang mengaku keluarga jenderal bintang tiga, maka MKD yang akan memanggil Kapolres Bandara Soetta, Kombes Edwin Hariandja, ke DPR RI.

“Kami menawarkan kalau memang diminta keterangannya Pak Arteria kita periksa disini, kita berikan keterangan, polisinya kita panggil memberikan keterangannya di MKD,” ujar Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman di Gedung DPR, Rabu (24/11/2021)

Habiburokhman mengaku sudah menemui Arteria tadi malam dan menyarankan, agar Arteria tidak perlu memenuhi panggilan ke Polres Bandara Soetta lantaran bisa merusak sistem yang telah diatur di UUD MD3 Pasal 245.

Baca Juga :  Jaksa Penuntut Umum Boleh PK, LQ Indonesia Lawfirm Ajukan Judicial Review UU Kejaksaan Baru Pasal 30C Huruf J

“Saya sudah ketemu pak Arteria tadi malam, waktu rapat Panja UU Kejaksaan, beliau ingin sekali hadir, tapi saya katakan ke pak Arteria kalau anda hadir berarti merusak sistem. UU MD3 di 245 MPR/ DPR jelas bahwa kalau dipanggil  mesti lewat MKD tetapi sekarang lewat presiden kecuali, tipikor, narkoba tindak pidana khusus,” terang Habiburokhman.

Dia mengatakan, bukan soal Arteria tidak mematuhi UU jika memenuhi panggilan ke Polres Bandara, akan tetapi polisi tidak berhak memanggil seorang anggota DPR tanpa ijin secara resmi.

Baca Juga :  Fuad Bawazier: Tax Amnesty, Sebetulnya Itu Crime Amnesty
Baca Juga :  China Menghalangi Langkah PBB Gagalkan Kudeta Militer Myanmar

“Ini bukan soal Arteria-nya, ini soal bagaimana kita mematuhi UU. Saya ingatkan ke Pak Arteria kalau anda dipanggil dan hadir bukan anda memposisikan equality before the law bukan, karena memang UU-nya mengatur demikian,” kata anggota Komisi III DPR itu. 

Habiburokhman yang duduk di komisi bidang hukum itu pun menyesalkan adanya pemanggilan yang dilayangkan polisi bandara. Dia meminta agar Kapolres Bandara Soetta dievakuasi Kapolda Metro Jaya.  “Kita sesalkan, kalau beliau mematuhi UU-nya. Kapolres Bandara kami minta dievaluasi oleh Polda Metro orang ini,” tandasnya. (sumber)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !