Beranda Ekonomi Malindo Air Akan Memulai Uji Coba “IATA Travel Pass”

Malindo Air Akan Memulai Uji Coba “IATA Travel Pass”

KUALA LUMPUR, kabarxxi.com – Malindo Air (kode penerbangan OD) member of Lion Air Group akan memulai pelaksanaan uji coba Travel Pass International Air Transportation Association (IATA) – aplikasi untuk perjalanan udara berbasis seluler yang akan membantu penumpang mengelola perjalanan (penerbangan) dengan mudah dan aman sesuai persyaratan regulasi dengan tetap berjalan sebagaimana pedoman protokol kesehatan terutama mengenai validasi hasil uji kesehatan dan vaksin Covid-19.

Penumpang pertama yang dipilih dalam IATA Travel Pass pada salah satu penerbangan Malindo Air akan dijalankan berdasarkan metode digital sebelum (pra) penerbangan yakni melakukan verifikasi dan menyampaikan status aktual dari hasil uji kesehatan Covid-19.

Travel Pass terdiri dari empat fitur, meliputi daftar persyaratan/ ketentuan kesehatan global, daftar pusat registrasi dan verifikasi/ pengujian global, aplikasi laboratorium untuk sertifikat kesehatan penumpang dan aplikasi perjalanan tanpa kontak yang memungkinkan penumpang dapat membuat paspor digital dan mengelola dokumentasi perjalanan secara digital.

Komitmen Malindo Air mengikuti uji coba ini merupakan langkah untuk mendukung bahwa perjalanan udara lebih nyaman, sehingga meyakinkan setiap penumpang (pebisnis dan wisatawan) semakin mudah, aman dan lancar dalam mengatur semua dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dalam penerbangan secara elektronik (digital/ paperless).

Baca Juga :  Realisasi APBD Masih Rendah, Kemendagri Terus Dorong Percepatan Penyerapan Belanja Daerah

Harapan utama ialah menciptakan pengalaman dan kebiasaan baru yang mudah, aman dan nyaman ketika terbang ditengah masa waspada seperti ini bersama Malindo Air.

Di waktu mendatang, sebagai bagian upaya dalam meningkatkan kemudahan penerbangan, penumpang juga dapat menambahkan informasi dari sertifikat vaksinasi dari perangkat tersebut yang terintegrasi dengan pihak berwenang dan maskapai penerbangan.

Capt Mushafiz Bin Mustafa Bakri, CEO Malindo Air mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan IATA dan menjadi salah satu pelopor di kawasan ini dalam menguji coba salah satu terobosan modern yang telah lama ditunggu-tunggu ini secara tepat dalam waktu bersamaan (real time). Keunggulan IATA Travel Pass ini ialah memproses data penumpang terkait Covid-19 di setiap penerbangan secara digital. Oleh karena itu, Malindo Air akan terus menginformasikan kepada seluruh calon penumpang sejalan keseriusan Malindo Air dalam meningkatkan pengalaman pelanggan.”

Uji coba sedang dilakukan pada penerbangan Malindo Air yang terpilih; dan berharap dapat diimplementasikan di semua rute internasional.

Baca Juga :  Malaysia Tutup Pusat Vaksinasi Massal Paska 200 Lebih Tenaga Medis Terpapar Corona

Calon penumpang yang memenuhi dokumen dan syarat perjalanan sebagaimana ditentukan akan diundang secara personal (pribadi) untuk mengunduh aplikasi dan mendaftarkan Travel Pass menjelang perjalanan.

Baca Juga :  Ngeri, Utang Luar Negeri Indonesia Alami Over Borrowing

Di Kuala Lumpur, Malindo Air telah bermitra dengan laboratorium Perawatan Kesehatan terpilih yang berwenang untuk mengirimkan hasil tes dengan aman kepada calon penumpang melalui aplikasi.

“Kami bangga dapat bermitra dengan Malindo Air untuk melalukan uji coba IATA Travel Pass dan menunjukkan bahwa aplikasi kesehatan digital dapat dengan aman, nyaman, dan efisien membantu mengatur rencana penerbangan dimulai dari informasi hasil uji kesehatan calon penumpang,” katanya, seperti rilis Selasa (15/6/2021).

“Transformasi digital ini menunjukkan kredibilitas IATA Travel Pass dan langkah positif ke depan seiring memulai kembali penerbangan internasional. Untuk itu, agar perangkat ini bisa beroperasi dan dipergunakan efektif, kami juga membutuhkan dukungan dari pemerintah serta berbagai pihak dalam penerimaan Travel Pass,” kata Nick Careen, Senior Vice President Airport, Passenger, Cargo, Security IATA.

Informasi digital dari sertifikat kesehatan akan menjadi fitur utama dalam memenuhi persyaratan perjalanan udara ke depannya. Membangun solusi tepercaya dan aman sehubungan hasil kesehatan calon penumpang adalah sangat penting karena dinilai bisa memperlancar perjalanan udara dan menjaga kesehatan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

PANTAU TERUS !