Beranda Nasional Mantan Presiden RI SBY: Skenario Gelap Akan Terjadi

Mantan Presiden RI SBY: Skenario Gelap Akan Terjadi

Jakarta, kabarxxi.com – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendadak buka suara terkait skenario gelap akan terjadi jika pemerintah Indonesia dan negara lainnya tidak berupaya mengubah kondisi perekonomian saat ini.

Hal tersebut diungkapkan SBY saat menjadi pembicara kunci dalam forum International Conference of Islamic Studies yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube Kampus UIN Ar Rainiry, Senin (4/10/2021) lalu.

“There is something wrong with our economy, with our development,” jelas SBY.  Dalam forum tersebut, SBY memaparkan bahwa 30 persen atau setara dengan 2,3 miliar jiwa penduduk dunia masih menyandang status miskin.

“Skenario gelap akan terjadi dan sekali lagi skenario gelap akan terjadi mana kala kita tidak melakukan apa-apa, tidak melakukan perubahan yang diperlukan,” ungkap SBY.

Baca Juga :  6 Laskar Ditembak Mati Polisi, Besok Komnas HAM Periksa Kapolda Metro Jaya

Menurutnyabahwa setiap malam, terdapat 1 miliar orang yang kelaparan karena lapar, kurang makan, dan tidak punya uang untuk mencukupi kebutuhan pangan. “Ada bangsa yang kelebihan pangan ada bangsa yang kekurangan pangan, harganya pun sering tidak stabil dan melonjak-lonjak, itu dunia, itu tantangan kita,” terangnya.

Di Indonesia, jumlah penduduk diprediksi akan naik menjadi sekitar 306 juta jiwa pada 2035, dengan angka konsumen meningkat menjadi 130 juta jiwa sebelum 2030. “Tentu kebutuhan dasar manusia Indonesia juga akan meningkat tajam,” kata SBY.

SBY juga mengatakan ada penerapan gaya hidup serakah, serta upaya menguras sumber daya alam. “Akibatnya bumi makin panas, sumber daya alam makin terkuras,” jelasnya.

Baca Juga :  Ketua GMNI Komisariat Assalamiyah Ajak Mahasiswa Baru Gabung Organisasi

Oleh sebab itu, menurut SBY perlu dilakukan tindakan ekonomi yang tidak biasa yang tidak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi. “Oleh karena itu perlu jawaban, jawabannya apa? sesuai dengan tema, jawabannya marilah kita sekarang ini ke depan dalam membangun menjalankan kaidah-kaidah pembangunan berkelanjutan,” ungkap SBY.

Baca Juga :  Keluar Masuk Jakarta Wajib Sertakan Hasil Rapid Test Antigen, Berlaku 18 Desember

“Dalam membangun dan menjalankan ekonomi pilihlah model sistem dan praktek ekonomi juga yang cocok dengan tantangan abad ini, saya mengatakan green economy,” sambungnya.

Apabila pemimpin dunia dan Indonesia tidak memiliki political will atau keinginan politik dengan kebijakan yang lemah, ia risau masa depan umat manusia akan suram. “Kalau masa depan suram, secara moral para pemimpin tidak bertanggungjawab, tidak bermoral untuk anak cucunya,” pungkas SBY.  (sumber)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !