Beranda Nasional Nadiem Makarim Bicara Soal Siswi Non-Muslim Dipaksa Berjilbab

Nadiem Makarim Bicara Soal Siswi Non-Muslim Dipaksa Berjilbab

Jakarta, Kabarxxi.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta pemerintah daerah memberikan sanksi terhadap oknum yang terlibat dalam kasus pemaksaan siswi non-muslim memakai jilbab di SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat.
Nadiem menyampaikan hal tersebut melalui unggahan dalam akun Instagram pribadinya @nadiemmakarim, pada Minggu (24/1/2021).

“Saya meminta pemerintah daerah sesuai dengan mekanisme yang berlaku segera memberikan sanksi tegas atas pelanggaran disiplin bagi seluruh pihak yang terbukti terlibat. Termasuk kemungkinan menerapkan pembebasan jabatan agar permasalahan ini jadi pembelajaran kita bersama ke depan,” kata Nadiem Makarim dalam video tersebut.

Baca Juga :  Komnas HAM Sebut Enam Anggota Laskar FPI Tewas Ditembak Setelah Diduga Menyerang Polisi

Nadim mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pemerintah daerah setempat ketika mendapat laporan terkait kasus ini. Menurutnya, perkara tersebut tak hanya melanggar undang-undang, namun juga nilai pancasila dan bhineka tunggal ika.

Sementara, aturan berseragam di sekolah sebagaimana yang diatur dalam Pasal 3 ayat 4 Peraturan Mendikbud No. 45 Tahun 2014 menyatakan, sekolah wajib memperhatikan hak setiap warga negara untuk menjalankan keyakinan agamanya masing-masing dalam berpakaian.

Baca Juga :  Tewaskan 6 Laskar FPI, IPW Desak Jokowi Copot Kapolri dan Kabaintelkam

Pasal 4 ayat 1 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur agar pendidikan diselenggarakan secara demokratis, berkeadilan dan tidak diskriminatif.

Baca Juga :  Kopaska Temukan Serpihan Bagian Tubuh Diduga Korban SJ-182 di Kedalaman 17-20 Meter

Dan juga Pasal 55 UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, lanjut dia, juga ditegaskan setiap anak memiliki hak beribadah menurut agamanya, berpikir, dan berekspresi sesuai tingkat intelektualitas dan usianya dibawah bimbingan orang tua atau wali.

Berita Populer

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

Ibu di Ngawi Mesum Dengan Pacar Putrinya, Pelaku Pria Ditangkap

Ngawi, Kabarxxi.com - Heboh video seorang ibu di Ngawi berinisial SW (48) berbuat mesum dengan pria berinisial AGR (29), yang merupakan pacar...

PANTAU TERUS !