NTT DATA Singapura dan EVe Kolaborasi Mewujudkan Ekosistem Kendaraan Listrik Berkelanjutan Skala Nasional

JAKARTA, KabarXXI.Com – NTT DATA Singapore (NTT DATA), inovator global terpercaya dalam layanan IT dan bisnis, telah mengumumkan kemitraan strategis dengan penyedia ekosistem kendaraan listrik (EV), yaitu EV-Electric Charging Pte Ltd. (EVe), anak perusahaan Land Transport Authority (LTA).

NTT DATA akan menyediakan Platform Data inovatif yang akan memperkuat misi EVe untuk mendirikan jaringan nasional Titik Pengisian Kendaraan Listrik (Electric Vehicle Charging Points/EVCP) di Singapura dan meningkatkan infrastruktur listrik pendukungnya.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pengisian daya kendaraan listrik tanpa hambatan dan menghasilkan wawasan yang dapat dimanfaatkan untuk lanskap kendaraan listrik yang tengah berkembang pesat.

NTT DATA hadir sebagai mitra yang ideal, memenangi tender melalui proposal dan rekam jejak kesuksesan di bidang kendaraan listrik secara global.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan EV-Electric Charging Pte. Ltd. (EVe) dalam rangka menyediakan jaringan pengisian kendaraan listrik skala nasional yang didukung oleh E-Mobility Data Platform yang terdepan di industri ini. Sebagai mitra yang mendorong transformasi lanskap kendaraan listrik yang berkembang pesat di Singapura dan secara global, Next Mobility Business Suite dari NTT DATA Group menyediakan kemampuan penggabungan data dan analitik tingkat lanjut untuk mengurangi ketidakefisienan operasional, meningkatkan pengalaman pengguna dengan wawasan yang berfokus pada pendapatan, dan pada akhirnya berkontribusi pada Misi Keberlanjutan Terpadu kami,” kata Noriyuki Kaya, Chief Digital Assets Officer NTT DATA, Inc.

Ekosistem Kendaraan Listrik Berkelanjutan

EVe akan memasang pengisi daya kendaraan listrik di hampir 2.000 tempat parkir Housing and Development Board (HDB) di Singapura pada tahun 2025.

Menyadari pentingnya wawasan berbasis data untuk mengoptimalkan jaringan pengisian daya kendaraan listrik, EVe telah memilih E-Mobility Data Platform, sebuah komponen penting dari NTT DATA Next Mobility Business Suite (NXT2).

Platform ini akan mengumpulkan informasi dari EV Charging Operator (EVCO), menganalisis data, dan menghasilkan wawasan yang berfokus pada pendapatan.

“Keterlibatan ini penting bagi NTT DATA Group karena ini adalah contoh nyata bagaimana kami dapat menggabungkan kemampuan NTT DATA termasuk kemampuan industri yang mendalam dan pengalaman dari Eropa, wilayah regional & keahlian pengiriman untuk EV-Electric Charging Pte. Ltd. Hal ini akan dipercepat dalam beberapa bulan mendatang, untuk meningkatkan inovasi & digitalisasi di kawasan Asia Pasifik,” ujar Sai Sekar, Head of Global Industry NTT DATA Corporation.

Kemitraan ini memungkinkan EVe untuk memanfaatkan solusi inovatif tersebut dalam meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pengalaman pengguna, dan berkontribusi pada upaya keberlanjutan.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan NTT Data untuk melaksanakan proyek pionir ini. EVe bertujuan untuk mengoptimalkan perjalanan semua pengendara kendaraan listrik, terutama warga HDB. Dengan proyek ini, EVe dapat memanfaatkan wawasan data real-time di 2.000 tempat parkir HDB, memudahkan kami untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan membuat pengisian daya listrik yang dapat diakses di mana saja, serta tersedia setiap hari, setiap saat,” kata Derek Tan, CEO EVe.

Beberapa tujuan utama dari E-Mobility Data Platform mencakup:

1. Agregasi Data:

Mengumpulkan data pemanfaatan pengisian daya kendaraan listrik secara real-time, termasuk pola penggunaan, ketersediaan tempat pengisian daya, dan konsumsi daya, sehingga memungkinkan pemantauan dan pengelolaan jaringan yang efektif.

2. Peningkatan Pengalaman Pengguna:

Desain UX/UI yang intuitif dan mulus untuk navigasi yang lebih mudah dan meningkatkan kepuasan pengguna.

3. Wawasan Keberlanjutan:

Dengan menyediakan data tentang konsumsi energi dan pengurangan emisi, platform ini mengukur dan mengomunikasikan dampak lingkungan EVe, yang selaras dengan tujuan keberlanjutan.

4. Skalabilitas:

Dirancang untuk mengakomodasi jaringan EVe yang terus berkembang dengan mulus, platform ini tetap efektif saat perusahaan terus menambah infrastruktur pengisian daya.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, NXT E-Mobility Data Platform (NXT-EDP) milik NTT DATA akan meningkatkan kemampuan kecerdasan bisnis, analisis data, dan penyimpanan data.

Langkah strategis ini sejalan dengan komitmen NTT DATA untuk mempelajari teknologi-teknologi mutakhir dan berkolaborasi dengan klien dalam proyek-proyek penelitian dan pengembangan bersama.

“NTT DATA Singapore sangat bangga dengan pencapaian bersejarah ini, dan pengalaman kami yang luas dalam mengelola proyek mobil listrik yang kompleks di seluruh dunia telah sesuai dengan kebutuhan EVe. Keahlian kami dalam analisis data memungkinkan kami untuk merancang solusi khusus yang tidak hanya memberikan nilai langsung, tetapi juga menawarkan skalabilitas dan kemampuan yang teruji. Hal ini selaras dengan visi EVe untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang dinamis dan berkelanjutan, serta kami sangat menantikan kolaborasi dan kemitraan dalam dalam mewujudkan adopsi kendaraan listrik secara nasional di Singapura,” ujar Krishnappan Ramanathan, Managing Director, NTT DATA Singapore.

Tentang NTT DATA

NTT DATA, bagian dari NTT Group, adalah inovator global yang terpercaya dalam bidang TI dan layanan bisnis yang berkantor pusat di Tokyo.

Perusahaan ini membantu klien bertransformasi melalui konsultasi, layanan industri, layanan proses bisnis, modernisasi TI, dan layanan terkelola.

NTT DATA membantu klien dan masyarakat untuk menyongsong era digital dengan penuh keyakinan.

Kami menggabungkan kehadiran global dengan perhatian khusus pada kebutuhan klien lokal di lebih dari lima puluh negara. Kunjungi kami di nttdata.com.

Tentang Eve

EVe adalah anak perusahaan dari Otoritas Transportasi Darat (Land Transport Authority/LTA). Sebagai pemimpin ekosistem kendaraan listrik, EVe mengatur peluncuran infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di Singapura.

EVe bekerja sama dengan Charging Point Operator (CPO) dan pihak berwenang untuk meluncurkan jaringan pengisian daya kendaraan listrik publik yang paling luas di Singapura, memastikan bahwa siapa pun yang membutuhkannya dapat mengisi daya kendaraan ramah lingkungan mereka kapan pun dan di mana pun mereka membutuhkannya. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *