Beranda Internasional Para Pemimpin Jepang dan Korea Selatan Sepakat Pulihkan Hubungan Bilateral

Para Pemimpin Jepang dan Korea Selatan Sepakat Pulihkan Hubungan Bilateral

NEW YORK, KabarXXI.Com – Para pemimpin Jepang dan Korea Selatan pada 21 September 2022, sepakat untuk memulihkan hubungan bilateral yang baik, dengan hubungan yang telah memburuk selama sekitar tiga tahun ke tingkat terburuk dalam beberapa dasawarsa. Hal ini dipicu karena masalah tenaga kerja dan teritorial masa perang.

Namun pembicaraan antara Perdana Menteri Jepang, Kishida Fumio dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, di sela-sela Sidang Umum tahunan PBB di New York, digambarkan oleh Tokyo dan Seoul sebagai “informal”, menandakan bahwa hubungan bilateral tetap rapuh dan tidak akan segera membaik secara drastis.

Menurut laporan Kyodo, selama pertemuan berlangsung, yang pertama antara para pemimpin Jepang dan Korea Selatan sejak 2019, Kishida dan Yoon juga berbagi keprihatinan serius atas ancaman rudal dan nuklir Korea Utara.

Baca Juga :  Ketegangan Rusia dan Ukraina Memanas, Pasar Global Bergejolak

Kishida dan Yoon, yang menjabat pada Mei, berjanji untuk meningkatkan kerja sama mereka untuk menangani masalah yang berkaitan dengan Korea Utara, menurut pemerintah Jepang dan Korea Selatan.

Kedua pemerintah menambahkan, bahwa Kishida dan Yoon setuju selama pembicaraan 30 menit mereka untuk terus berkomunikasi dan mempercepat dialog di tingkat diplomat senior.

Keduanya menegaskan, pentingnya mempromosikan kerja sama bilateral dan trilateral yang juga melibatkan Amerika Serikat, karena Jepang dan Korea Selatan adalah tetangga penting satu sama lain di bawah lingkungan strategis saat ini. Demikian menurut Kementerian Luar Negeri Jepang.

Baca Juga :  Mengenal Guo Guangchang, Pengusaha China yang Kaya Karena Covid-19

Yoon menjadi pemimpin Korea Selatan dengan janji untuk mengambil pendekatan berorientasi masa depan terhadap Jepang setelah hubungan bilateral merosot ke titik terendah dalam beberapa tahun selama pemerintahan pendahulu Yoon, Moon Jae In.

Korea Selatan sedang menjajaki bagaimana menangani masalah perintah pengadilan untuk melikuidasi aset di negara yang disita dari dua perusahaan Jepang yang telah dituntut atas dugaan kerja paksa selama pemerintahan kolonial Jepang 1910-1945 di Semenanjung Korea.

Perusahaan-perusahaan tersebut tidak mematuhi perintah kompensasi karena Tokyo menyatakan bahwa semua klaim yang berasal dari pemerintahan kolonialnya, termasuk kompensasi bagi warga Korea yang dipaksa bekerja, diselesaikan “sepenuhnya dan akhirnya” di bawah perjanjian bilateral yang ditandatangani pada tahun 1965.

Baca Juga :  Buzzer Rp Segera Musnah! Ini Ambisi Tersembunyi Elon Musk Akuisisi Twitter, Basmi Seluruh Akun Bot

Pada 22 September 2022 di Tokyo, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Matsuno Hirokazu mengatakan, pada konferensi pers reguler bahwa pembicaraan itu tidak formal, menambahkan Korea Selatan memiliki pandangan yang sama.

Kishida dan Yoon setuju untuk mengembangkan hubungan Jepang-Korea Selatan berdasarkan hubungan kerjasama yang bersahabat antara kedua negara sejak tahun 1965, kata kementerian itu.

Jepang dan Korea Selatan juga berselisih atas pulau Takeshima yang dikuasai Seoul dan diklaim Tokyo di Laut Jepang, yang oleh Korea Selatan disebut Dokdo.

Sementara itu, Yoon memperbarui dukungannya untuk Jepang dalam menyelesaikan masalah penculikan warga negara Jepang oleh Korea Utara pada 1970-an dan 1980-an, tambah kementerian itu.

Sumber: FB HALO Jepang

Bagaimana tanggapan anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !