Beranda Daerah Breaking News Pekan Literasi Digital Mandalika: Pemerintah Indonesia Targetkan Perangi Hoax dan Tingkatkan UMKM

Pekan Literasi Digital Mandalika: Pemerintah Indonesia Targetkan Perangi Hoax dan Tingkatkan UMKM

MANDALIKA, KabarXXI.Com – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) akan menggelar Pekan Literasi Digital di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Melalui acara tersebut, pemerintah bertujuan untuk mengedukasi kaum milenial dalam memerangi hoaks dan meningkatkan keterampilan pemasaran digital untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar sesuai dengan tren saat ini.

Dengan membidik anak muda dan pengusaha kecil menengah di Lombok Tengah, NTB, acara tersebut akan digelar dalam format hybrid pada 12-13 Oktober 2021 , dengan target 75 peserta onsite, dan 50.000 penonton online.

Untuk mendaftar, kunjungi https://event.literasi digital.id/, atau akses acara secara online melalui kanal Youtube dan Halaman Facebook Siberkreasi.

Pekan Literasi Digital Mandalika dirancang untuk membuka potensi di kalangan milenial dan UMKM melalui pelatihan dan pendidikan digital oleh para pakar ternama, seperti Nicholas Saputra, Iwan Setiawan, dan Donny BU, pakar dari Kemenkominfo.

“Kami bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat, milenial dan pengusaha muda dengan pengetahuan tentang teknologi digital, serta bagaimana menggunakan internet secara efektif, aman, dan yang paling penting, etis,” kata Rizky Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kementerian.

Baca Juga :  Heboh di Medsos Anggota DPRD Lebak Diduga Aniaya Istri Mudanya

Ada lebih dari 200 juta orang di Indonesia yang aktif menggunakan platform internet untuk menjaga interaksi sosial dan juga tetap produktif selama di rumah akibat pembatasan sosial dan ekonomi.

“Namun, teknologi digital juga berdampak negatif ketika digunakan untuk menyebarkan hoaks, bullying, radikalisme, bahkan terorisme. Untuk itulah kita membutuhkan kesetaraan dalam literasi digital agar masyarakat dapat menggunakannya dengan bijak,” tambah Rizky.

Tingkatkan Produktivitas dengan Konten Kreatif

Baca Juga :  Wujudkan Pemerataan Transformasi Digital, Kemenkominfo Gelar Program Literasi Digital di Sorong dan Makassar

Bertajuk “Bicara Literasi Digital (Pekan Literasi Digital)”, acara hari pertama ini akan mengundang pakar digital dari Kementerian untuk menjadi pembicara. Diskusi akan fokus pada bagaimana orang dapat mengidentifikasi hoax dari jenis, motif, dampaknya, dan bagaimana cara mengembalikannya secara etis untuk menghentikan penyebarannya.

Pada sesi kedua acara hari pertama yang bertajuk “Berbagi Pengetahuan: Cara Mengoptimalkan Keuntungan dengan Konten Digital ( Gali Ilmu: Kelas Dasar Jualan Online/ Hujan Cuan di Era Digital )”, peserta akan mempelajari pengetahuan dasar tentang digital marketing untuk UMKM. Sesi ini akan mencakup praktik terbaik untuk bisnis pasar yang sukses, serta strategi dalam penetapan harga, branding, dan layanan pelanggan.

Baca Juga :  Polres Serang Gelar Baksos di Ponpes Da Arul Ahibbah Carenang

Hari kedua fokus menghidupkan kembali pariwisata di Mandalika. Aktor ternama sekaligus duta Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Nicholas Saputra, akan berbagi ilmu tentang public speaking dan taktik fotografi untuk konten kreatif.

Pada sesi fotografi, Nicholas akan berbagi pengalaman dan teknik untuk pengambilan gambar yang lebih kreatif. Ini dimulai sebagai hobi dan sekarang Nicholas telah mendapatkan popularitas sebagai fotografer Instagram, sebagian besar di feed alam dan lanskap, dengan lebih dari 1,2 juta pengikut.

Tentang Kemenkominfo RI

Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) melalui Ditjen Aptika memiliki fungsi utama menyebarkan dan mengembangkan infrastruktur digital nasional untuk mempercepat di Indonesia transformasi digital.

Kementerian bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi sebagai mitra untuk memberikan edukasi literasi digital kepada masyarakat luas melalui berbagai bentuk media. Gerakan ini berfokus pada pemanfaatan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan bangsa dan memajukan bangsa Indonesia.

Sumber: PRNewswire

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !