Beranda Info dan Tips Penasaran, Mengapa E-Sports Termasuk Olahraga?

Penasaran, Mengapa E-Sports Termasuk Olahraga?

Jakarta, kabarxxi.com – Perkembangan esports semakin pesat dari waktu sehingga membuat aktivitas gaming kini tidak dipandang sebegai sekedar  hobi atau untuk menghilangkan stress. Terbukti saat ini, esports telah berkembang menjadi sebuah profesi dengan nilai pemasukan yang luar biasa besar bagi para atletnya.

Banyak tim esport berprestasi di Indonesia yang ikut mengharumkan nama bangsa dengan memenangkan berbagai turnamen esports di tingkat nasional maupun internasional. Dalam perkembangannya, esports kini digolongkan sebagai cabang olahraga bergengsi yang diakui oleh dunia.

Mengapa esports termasuk olahraga? Bahkan telah berhasil masuk sebagai cabang olahraga yang didemonstrasikan di Asian Games 2018 dan disertakan di SEA Games 2019.

Inilah alasan mengapa esport termasuk olahraga, yakni adanya pergerakan fisik, adanya kompetisi antar tim, adanya aturan permainan, membutuhkan strategi dan membutuhkan persiapan fisik dan mental.

Membutuhkan pergerakan Fisik

Bermain game atau esport juga ,melelahkan, seperti halnya main catur. Bahkan penelitian Profesor Ingo Frobose mengatakan atlet esports setidaknya melakukan sebanyak 400 gerakan pada keyboard dan mouse setiap menitnya.

Baca Juga :  Kapolri Kerahkan Kekuatan Terbaik untuk Evakuasi KRI Nanggala 402

Angka tersebut adalah empat kali lipat lebih banyak dari gerakan yang dilakukan oleh orang- orang pada umumnya yang nggak melakukan olahraga. Sementara kedua tangan bergerak, di waktu yang bersamaan bagian otak pun ikut digunakan sehingga nggak ada alasan untuk nggak menyebut esports sebagai jenis olahraga,

Ini belum termasuk berapa lama atau durasi durasi permainan yang ditempuh saat bertanding yang lama.

Baca Juga :  Kelompok Ini Bisa Gagalkan Amandemen Konstitusi untuk Perpanjang Jabatan Presiden

Ada pertandingan atau kompetisi antar tim

Seperti halnya olahraga yang lainn, esport juga bertujuan yang sama yakni ingin menang dalam kompetisi sehingga atletnya dituntut harus mempersiapkan diri dan berlatih agar kompeten atau mumpuni.

Tidak main- main dalam latihan, harus rutin dan serius seperti halnya atlet olahraga lain yang mengadakan latihan.

Baca Juga :  Kapolri Terbitkan Izin Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dengan Protokol Kesehatan Ketat

Game Punya Aturan

Tidak sekedar bermain game biasa, esports memberlakukan adanya peraturan yang harus ditaati oleh pemain.  Jika dilanggar maka akan dijatuhkan sanksi

Termasuk aturan umum yang dilarang lainnnya, pemain juga tidak diperbolehkan curang ataupun mengonsumsi obat- obatan terlarang selama pertandingan berlangsung.

Game membutuhkan strategi

Tidak hanya bermain, strategi khusus juga dibutuhkan untuk bisa memenangkan kompetisi. Apalagi dalam satu tim melibatkan beberapa orang sehingga diperlukan kekompakan dalam mengatur strategi.

Membutuhkan persiapan fisik dan mental

Tampaknya bermain game sederhana dan tidak lelah tetapi tetap membutuhkan kesiapan fisik dan mental sebelum bertanding.  Fisik harus prima dan terjaga karena permainan memerlukan waktu yang lama.  Persiapan mental digunakan agar tetap fokus, dan konsentrasi agar tim bisa memenangkan turnamen. (sumber)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !