Beranda Daerah Breaking News Pendidikan di Tiongkok Jadi Bagian dari Pengentasan Kemiskinan, Melibatkan Semua Golongan

Pendidikan di Tiongkok Jadi Bagian dari Pengentasan Kemiskinan, Melibatkan Semua Golongan

BEIJING, KabarXXI.Com – Sebuah pepatah Tiongkok kuno menyebutkan, “Ketika membuat sumur, kita mulai menggali dari lubang dangkal hingga menghasilkan lubang dalam.”

Artinya, perjalanan panjang diawali satu langkah pendek. Pepatah ini tercantum dalam “Liu Zi Chong Xue” yang ditulis sekitar 1.500 tahun lalu.

Presiden Tiongkok Xi Jinping menilai, pendidikan sebagai langkah pertama dan mendasar “untuk membuat sumur” dalam konteks pengentasan kemiskinan absolut di Tiongkok yang akhirnya sukses tercapai pada 2020.

Mencegah Kemiskinan Lintas Generasi

Pada 1995, Sekolah Dasar Yangjialing Fuzhou Hope di Yan’an, Provinsi Shaanxi, Tiongkok Barat Laut, telah direnovasi dengan sumbangan dari Kota Fuzhou, Ibu Kota Provinsi Fujian di sebelah tenggara.

Baca Juga :  Himpaudi Kabupaten Bogor Gelar Bimtek Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran

Sumbangan ini disalurkan setelah Xi Jinping, saat itu menjabat Ketua Partai Komunis Fuzhou, mengajak para pengusaha lokal untuk membangun sekolah-sekolah di wilayah pra sejahtera Tiongkok.

“Jangan sampai anak-anak kalah sebelum bertanding,” ujar Xi saat mengunjungi sekolah tersebut pada 2015.

Dia juga menekankan peran pendidikan sebagai aspek pembangunan penting di wilayah pra sejahtera.

Baca Juga :  Target "Xiaokang" Tercapai, CPC Bertekad Memimpin Rakyat Tiongkok Menuju Kehidupan yang Lebih Baik

Sebelum direnovasi, sekolah tersebut hanya memiliki satu guru. Sementara ruang kelasnya berada di sebuah gua. Berkat dukungan pemerintah dan masyarakat, sekolah ini telah berkembang pesat. Kini, gedung Sekolah Dasar Yangjialing Fuzhou Hope telah mencapai empat lantai dan dilengkapi ruang-ruang kelas multimedia, bahkan para pelajar bisa menikmati makan siang gratis di sekolahnya.

Baca Juga :  Nadiem Makarim Bicara Soal Siswi Non-Muslim Dipaksa Berjilbab

Menurut statistik Kementerian Pendidikan Tiongkok pada 2020, investasi total Tiongkok di sektor pendidikan, termasuk makanan gratis dan pembangunan fasilitas sekolah, telah meningkat lebih dari 8% per tahun dari tiga tahun sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

PANTAU TERUS !