Beranda Ekonomi Penegakan Hukum dan Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19

Penegakan Hukum dan Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19

Opini:  Ramses Terry, SH. MH. MA*)

Saya memulai tulisan saya dengan contoh terkait pelanggaran  lalu lintas di Indonesia, tanpa pandang bulu dikenai denda yang sama dengan jenis pelanggaran yang sama, sehingga akan timbul ketidakadilan.

Kalau kita melihat, bagi pelanggar yang miskin atau yang rata rata hidup dibawah garis kemiskinan, denda terhadap dirinya tersebut sangat berat, dan sebaliknya bagi pelanggaran yang kaya atau yang hidupnya diatas rata rata kaya, denda terhadap dirinya terasa murah dan mungkin denda tersebut tidak ada nilainya sama sekali sehingga dengan demikian orang orang yang berduit atau diatas rata rata kaya, tidak akan jera, atau malah melakukan pelanggaran berulang- ulang.

Saya berharap, terkait strategi penegakan hukum di Indonesia maupun di era transisi bukan saja menggunakan strategi yuridis, melainkan dapat menggunakan strategi yang bernuansa ekonomis.

Oleh karena itu, sektor hukum harus dapat membantu dan proaktif secara konkret untuk upaya pemulihan ekonomi.

Baca Juga :  Pemkot Kediri Gelar Rapid Test Massal di Sejumlah Mall

Dampak Keterpurukan hukum di Indonesia terhadap upaya pemulihan ekonomi sangat signifikan, dikarnakan para investor invenstor asing akan lebih memilih untuk investornya ke negara negara lain, jika kondisi hukum di indonesia tidak mampu mewujudkan Kepastian Hukum dan Keadilan yang bermartabat bagi Investor atau pelaku pelaku bisnis.

Apabila kita melihat antara keterpurukan hukum dan keterpurukan ekonomi terdapat hubungan sibernetik, sehingga mengakibatkan tingkat ketidakpercayaan masyarakat terhadap Penegakan Hukum (law inforcement) sangat buruk, sehingga akan menimbulkan dampak negatif, seperti tindakan kriminalitas dan tindakan kekerasan lainnya.

Akibat keterpurukan ekonomi, juga dapat memaksa orang orang yang terdesak dengan kebutuhan hidup yaitu dikarnakan kemiskinan, maka mereka dapat juga melakukan tindak Pidana dikarenakan untuk menyambung hidup.

Baca Juga :  Skenario Perampokan Jiwasraya Berkedok Penyelamatan Polis Nasabah (Bagian 2)

Penegakan hukum terkait pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19 dan pelaksanaan UU No.2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19, Maka sekaligus mendukung pelaksanaan tugas Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca Juga :  Jumlah Kasus Meningkat, LaNyalla Sorot Penanganan Covid-19 di Luar Jawa – Bali

Sehingga dalam aturan yang bertujuan untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pelaku pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya tersebut, karena itu peran penegakan hukum sangat di utamakan untuk menjaga dan melindungi setiap pelaku pelaku bisnis yang berinvestor di Indoesia.

Menurut saya, bahwa penegakan hukum bukanlah penghambat pembangunan ekonomi, tetapi justru menjadi motor penggerak yang akan mengarahkan proses pembangunan ekonomi yang adil dan beradab.

Sehingga dapat dipastikan bahwa penegakan hukum akan memastikan terwujudnya keadilan yuridis, keadilan ekonomi, dan persaingan sehat  serta pemerataan di segala bidang.

*Penulis :  Pemerhati Hukum dan Kebijakan Publik, Praktisi Hukum dan Akademisi, Wakil Bidang UPA DPN PERADI

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !