Beranda Info dan Tips Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Digital

Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Digital

Kabarxxi.com – Istilah masa kanak-kanak memang tak terasa asing bagi kita. Sebab istilah masa kanak-kanak sudah pasti dilalui oleh semua orang. Masa kanak-kanak bisa dikatakan sebagai masa ke emasan, di masa tersebut bukan hanya orang tua mengajarkan ilmu pengetahuan, tetapi orang tua juga mengajarkan tentang norma dan tata krama.

Tak hanya memastikan tumbuh kembang anak berjalan optimal, orangtua juga punya peran penting dalam pendidikan anak. Sebelum masuk ke sekolah formal, orangtua berperan dalam mengajarkan cara berbahasa, berkomunikasi, hingga menghitung sederhana. Lalu, ketika anak sudah masuk usia Sekolah Dasar (SD), peran orang tua tentu lebih banyak lagi.

Peran  orang tua dalam pendidikan anak sebenarnya akan berkembang seiring bertambahnya usia anak. Misalnya, ketika masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, anak biasanya lebih bisa belajar sendiri tanpa didampingi, seperti ketika SD. Namun, sikap orangtua terhadap pendidikan dapat menginspirasi dan memberdayakan anak-anak saat mereka menempuh pendidikannya. 

Orang tua perlu membuat anak menyadari bahwa belajar adalah hal yang penting, menyenangkan, dan harus dilakukan. Di usia prasekolah anak lebih bergantung pada orangtua, sehingga ia akan mendengarkan dan menerima arahan orangtuanya dalam segala hal yang ia lakukan. Maka, orangtua perlu mengarahkan anak pada hal-hal yang baik. Termasuk menanamkan pentingnya menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Baca Juga :  Pewarta Warga Sebagai Kekuatan Masyarakat Sipil Penyeimbang Kekuasaan dan Penyangga Negara

Inilah tips mendidik anak di era digital

Batasi Waktu Anak Berada di Depan Laptop atau Komputer

Ibu mungkin akan kesulitan untuk melakukan aturan mendidik anak di era digital yang satu ini. Karena hal ini pasti akan mendapat penolakan dari si kecil. Italian Journal of Pediatrics menyarankan, waktu yang baik untuk anak-anak khususnya usia pra sekolah adalah kurang dari satu jam. Karena penelitian menunjukan bahwa terlalu lama berada di depan layar dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak usia prasekolah. Di sisi lain, pembatasan waktu di depan layar menjadi salah satu cara untuk memberitahu si kecil bahwa komunikasi online berbeda dengan kehidupan sosial secara langsung.

Baca Juga :  Kapolri Listyo Sigit Prabowo Lakukan Mutasi Sejumlah Perwira Tinggi, Ini Diantaranya

Komunikasi Antara Orangtua dan Anak

Komunikasi antara orangtua dan anak merupakan salah satu cara mendidik anak di era digital. Hal ini sangat penting, karena dapat menghindari praktik bully di dunia maya. Jelaskan kepada anak-anak Moms bahwa pelaku intimidasi sendiri sering menderita karena pengabaian. Jadi, alih-alih mencoba menyembunyikan kejadian seperti itu, anak-anak harus segera memberi tahu orang tua mengenai apapun yang mereka alami.

Baca Juga :  Google Doodle Hari Ini Tampilkan Novelis Wanita Asal Pasaman

Menjadi Contoh yang Baik

Jika ingin anak melakukan yang anda sarankan, maka jadilah contoh yang baik. Karena anak lebih mudah meniru sikap orang tuanya dari pada sekedar mendengarkan nasihat anda.

Gadget Bukan Babysitter

Sering terjadi saat orang tua sedang repot dan tidak sempat bermain dengan anak, mereka memberikan gadget agar anak bisa duduk diam tidak rewel. Sesekali membiarkan anak bermain gadget boleh saja tidak masalah, tetapi harus didampingi orang tua, karena gadget bukan babysitter.

Libatkan anak dalam kegiatan ekstrakurikuler

Mendorong anak Anda untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan dimana mereka bisa bersosialisasi dengan teman sebaya mereka sangat penting untuk mengembangkan keterampilan sosial yang sehat. Selain itu, aktivitas ekstrakurikuler juga memberi mereka sesuatu untuk dikerjakan selain bermain game atau media sosial. Ini juga bisa menjadi cara untuk menanamkan hobi-hobi positif bagi anak dan memperknalkan mereka terhadap berbagai hal baru. Siapa tahu, anak Anda menemukan minatnya lewat kegiatan tersebut.

Penulis: Aris Mangsur, Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi di Universitas Pamulang (Unpam)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
2
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !