Beranda Daerah PNS Maju Pilkades Tidak Dilarang, Asal Penuhi Syarat Berikut

PNS Maju Pilkades Tidak Dilarang, Asal Penuhi Syarat Berikut

Banten, Kabarxxi.com – Kabar baik bagi mereka yang sudah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) tetapi dalam proses yang telah dijalani ada keinginan untuk mendaftarkan diri menjadi calon kepala desa di daerahnya sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Meskipun kabar baik tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk dijalankan oleh pegawai negeri sipil namun ada beberapa syarat yang harus diikuti sehingga dapat mengikuti pencalonan kepala desa.

Dikutip dari pikiranrakyat menjelaskan tentang PNS yang berkeinginan maju dalam pilkades bahwa dalam hal ini setiap warga negara boleh ikut berpartisipasi untuk mencalonkan diri sebagai calon kades.

Baca Juga :  Petahana Daftar Pilkades Pasirbuyut di Hari Pertama

“Boleh (semua) PNS, TNI, Polri,” ujarnya kepada Kabar Banten Sabtu 20 Maret 2021.

Namun demikian bagi kalangan PNS, TNI dan Polri ada aturan yang mengikat sebagai PNS, TNI dan Polri yang harus dipenuhi. Terutama saat daftar dia harus mendapatkan izin dari atasannya.

“Bagi PNS tentu ada aturan sendiri ketika dia mau daftar harus ada izin dari atasannya,” ucapnya.

Kemudian kata mantan kepala BKPSDM tersebut, ketika mereka terpilih dan dilantik sebagai Kades maka harus mengajukan cuti diluar tanggungan negara.

Baca Juga :  Ketua BBP DPAC Malingping Desak BRI Cabut Agen yang Menjual Harga Sembako di Atas Harga Pasar

“Jadi itu dimungkinkan (PNS nyalon). Gaji tidak dobel, enggak perlu mundur dari PNS bisa cuti di luar tanggungan negara jadi dapat gaji hanya dari kades,” katanya.

Baca Juga :  Kaur Umum Desa Cikande Permai Jelaskan Soal Pungli SKU

Disinggung soal banyaknya sekdes yang mungkin akan maju di pilkades, ketika ia status PNS diperbolehkan maju. Ketika ia daftar sebagai calon kades, maka otomatis ia sudah mundur dari jabatannya sebagai sekdes.

“Nanti ada penggantinya sekdes di desa itu. Kalau terpilih sebagai kades setelah dilantik harus ajukan cuti diluar tanggungan negara,” ucapnya.

Untuk diketahui pencoblosan calon kepala desa di TPS akan dilakukan pada tanggal 11 Juli dan pelantikan 16 Agustus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

PANTAU TERUS !