Beranda Opini Prihatin Nasib Brigjen Junior

Prihatin Nasib Brigjen Junior

Opini Jaya Suprana

SAYA merasa prihatin atas nasib Brigjen Junior Tumilaar diberhentitugaskan setelah berpihak kepada rakyat terancam tergusur.

Hukum Militer

Diberitakan bahwa Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat (Puspom AD) menegaskan bahwa Brigjen Junior Tumilaar diberhentikan dari jabatan Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka.

Jenderal bintang satu itu diduga melanggar hukum disiplin dan pidana militer terkait surat terbuka yang ditujukan kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) terkait kasus Babinsa melindungi rakyat terancam tergusur.

Pasal berlapis akan dikenakan terhadap Birgjen Junior. Untuk kepentingan proses hukum militer, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menandatangani surat perintah pemberhentian tugas Brigjen Junior.

Baca Juga :  Aurel Cemas, Apakah Atta Halilintar Harus Operasi

Pancasila

Sebagai rakyat jelata saya tidak paham peraturan apalagi hukum yang khusus berlaku bagi kepolisian dan TNI. Namun sebagai pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan yang juga sedang berupaya menghayati makna adiluhur Pancasila, saya merasa yakin bahwa Brigjen Junior Tumilaar adalah seorang warga Indonesia yang benar-benar menghayati makna adiluhur yang terkandung di dalam Pancasila.

Khususnya sila kedua dan terakhir Pancasila yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab serta Keadilan Sosial Untuk Seluruh Rakyat Indonesia.

Akibat menghayati Pancasila maka Brigjen Junior Tumilaar berupaya mewujudkannya menjadi kenyataan dengan keberpihakan dirinya kepada kepentingan rakyat kecil. Hal ini  sesuai dengan warisan kearifan TNI yang diwejangkan oleh Jenderal Besar Soedirman bahwa rakyat adalah Ibu Kandung TNI dan rakyat adalah Bapak Kandung NKRI.

Baca Juga :  Tak Lagi di Kodam Merdeka, Warganet Beri Pangkat Tertinggi untuk Brigjen Junior Tumilaar
Baca Juga :  Pasca Suntik Vaksin Pfizer,  Para Wanita Itu Klaim Payudaranya Membesar

Doa

Maka dengan penuh kerendahan hati saya memberanikan diri bersujud demi berdoa memohon perkenan Yang Maha Kuasa menganugerahkan kekuatan lahir batin kepada Brigjen Junior Tumilaar. Tujuan doa saya itu agar Brigjen Junior mampu setia berjuang mewujudkan sila Kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia.

Bukan sekadar untuk dihafal namun benar-benar menjadi kenyataan sikap dan perilaku. Amin.

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !