Beranda Daerah PT Rizki Agung Perkasa Diduga Buka Loker Fiktif, Korban Mengaku Tertipu Hingga...

PT Rizki Agung Perkasa Diduga Buka Loker Fiktif, Korban Mengaku Tertipu Hingga Jutaan Rupiah

Bekasi, Kabarxxi.com – Ada ada saja ulah sebuah perusahaan yang mengaku bergerak dibidang recruitment tenaga kerja ini, saat pandemik covid-19 masih bersiaga, lapangan pekerjaan susah dicari, bahkan banyak karyawan yang di pecat.

Sebuah Perusahaan Yang Notabene dalam perizinannya bergerak dibidang Konsultasi Tenaga Kerja Justru meraih keuntungan dengan menciptakan sejumlah lowongan kerja fiktif.

Dalam sebuah wawancara ekslusif dengan para calon tenaga kerja, tim kabarxxi.com, mendapatkan informasi yang sangat mencengangkan.

Pengakuan Pencari Kerja

Awalnya saya dijanjikan kerja di PT EPSON ELECTRONIK INDONESIA, dalam panggilan email di karir.com, oleh PT Rizki Agung Perkasa pada tanggal 28 Januari 2021, dengan dikenakan biaya administrasi psikotes sebesar Rp. 550.000,-.

Setelah lulus psikotes, ternyata ada uang untuk medical checkup sebesar Rp. 350.000, yang akan digantikan oleh perusahaan saat bekerja nanti.

Setelah hasil medical checkup keluar saya di berikan 2 opsi untuk mengikuti jalur khusus atau umum, yang dimana isinya jika memilih jalur umum hanya membayar uang sebesar Rp. 20.000,- untuk 1 perusahaan yakni PT Epson.

Jika memilih jalur khusus, para pekerja akan di kasih 3 pilihan PT yang sedang update loker, dan membayar uang DP jalur khusus sebesar Rp. 1.000.000 diawal, saya pun memilih jalur khusus karna ingin cepat bekerja.

pada saat saya membayar uang DP Rp. 1.000.000,-. Pada saat itu PT Keihin Indonesia update loker dan saya diikut sertakan untuk mengikuti test PT Keihin dan disuruh mengeluarkan sejumlah uang kembali untuk mengikuti pembelajaran materi sebesar Rp. 850.000,- diluar uang DP dan uang ADM PT tersebut.

Setelah mengikuti pembelajaran, ternyata metode testnya berubah yang tadinya manual menjadi online.

Semua materi yang di pelajari tidak keluar, alhasil saya gagal mengikuti test dan uang yang Rp. 850.000,- hilang begitu saja.

Kemudian saya di tawarkan atau dialihkan untuk ikut test di PT PAS, dan disuruh membayar uang kembali sebesar Rp. 2.000.000,- untuk biaya deposit diawal.

Baca Juga :  Anton Medan Meninggal, ini Profil dan Kisah Hidupnya

Karena saya pikir sudah terlanjur mengeluarkan uang Rp. 2.750.000, dan jika mengundurkan diri uang tersebut hangus dan saya belum bekerja, jadilah saya mengikuti test PT PAS dengan uang deposit Rp. 2.000.000.

Pihak dari PT Rizky Agung Perkasa memberitahukan ADM di PT PAS itu Rp. 5.000.000 dan saya sudah masuk uang Rp. 3.000.000, DP Rp. 1.000.000 dan uang deposit Rp. 2.000.000, sisa nya Rp. 2.000.000 bisa di lunaskan pada saat sudah fix diterima oleh PT PAS.

Pada tanggal 26 Februari saya baru mengikuti test Di PT PAS, dan belum keluar hasil lulus atau tidaknya, tetapi pihak PT Rizky Agung Perkasa sudah menyuruh pelunasan uang Rp. 2.000.000.

Saya abaikan sampai hasil test saya keluar, dan ternyata saya lolos test.

Selanjutnya saya disuruh medical checkup di klinik Cakra medika, sedangkan sebelumnya saya sudah mengikuti medical checkup diawal masuk PT Rizky Agung Perkasa, tetapi tidak digunakan dan saya medical checkup ulang. Hasil medical Checkup keluar 2 hari kerja.

Hasilnya belum keluar tapi saya sudah di WhatsApp kembali oleh pihak PT Rizky Agung Perkasa untuk segera pelunasan agar tidak dipersulit untuk masuk ke PT PAS dan dia meyakinkan bahwa jika sudah masuk tahap medical checkup sudah pasti masuk lulus semua.

saya mengikuti arahannya agar tidak di persulit dan membayar kembali sejumlah uang sebesar Rp. 2.000.000 untuk uang pelunasan ADM di PT PAS.

Keesokan harinya keluar hasil Medical Checkup diinfo oleh grup PT PAS yang adminnya HRD PT PAS, disana tertera nama-nama yang lolos medical checkup, dan ternyata nama saya dan teman saya tidak ada disana dan kami semua komplain me whatsapp pihak PT Rizky Agung Perkasa untuk meminta penjelasan yang katanya akan lolos Medical Checkup setelah pelunasan.

Baca Juga :  Penemuan Mayat di Pantai Gelam Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar

Tetapi saya malah diarahkan kembali ke PT Yamaha motor, sedangkan urusan yang di PT PAS saja belum selesai, ini malah sudah dialihkan kembali ke PT lain.

Diposisi itu saya ingin uang saya kembali semua dan tidak mau lagi di alihkan ke PT manapun saya ingin uang saya kembali semua sebesar Rp. 6.750.000.

Tetapi pihak PT Rizky Agung Perkasa malah menghilang selama 3 hari dan setelah 3 hari Mereka me WhatsApp saya kembali dengan mengiming-imingi untuk Medical Checkup ulang di PT PAS atau dialihkan ke PT Yamaha motor.

“Dia tidak menawarkan untuk uang kembali yang saya ajukan, dia bilang untuk cashback uang hanya Rp. 1.850.000 dari uang yang deposit tersebut di potong Rp. 150.000,-, sedangkan uang saya ada Rp. 6.750.000, tetapi dia hanya ingin mengembalikan Rp. 1.850.000 saja, ” tutur Fa yang merupakan tulang punggung keluarga

Lain Fa Lain pula cerita Yf, Yf yang hanya anak seorang kuli bangunan, mengaku hampir 3 bulan di janjikan pekerjaan setelah membayar sejumlah uang.

“Yang bikin sakit hati uang itu hasil pinjaman ayah saya kepada mandor, dan ayah saya hanya menerima nasi bungkus dan kopi, karena gajinya telah dipotong untuk mencicil hutang pada mandor, saya juga seperti di pimpong hampir sepuluh kali disuruh menemui orang di PT Tujuh Bintang, namun orang yg dituju tidak pernah ada,” keluhnya.

PT Rizki Agung Perkasa Diduga Buka Loker Fiktif, Korban Mengaku Tertipu Hingga Jutaan Rupiah
Pemilik perusahaan Ayu dan Agung

Keterangan PT Rizki Agung Perkasa dan Kuasa Hukum Pencari Kerja

Saat tim kabarxxi.com mengivestigasi ke perusahaan tersebut banyak sekali keganjilan diantara fungsi kantor yangg semula konsultan tenaga kerja menjadi recruitment tenaga kerja.

Ketika ditemui di ruangannya Ayu Purnama selaku pimpinan penempatan tenaga kerja, memberikan keterangan yang hanya membangun opini seolah benar adanya kerjasama dengan pihak pihak tertentu dan mengakui adanya persyaratan adanya jalur khusus.

Sementara saat ditanya mengenai UU Tenaga kerja sang suami yang menjabat sebagai Dirut PT Rizki Agung Perkasa terlihat gugup dan tidak paham UU Tenaga kerja.

Baca Juga :  Penyebab Bentrokan Pemuda Pancasila-FBR di Ciledug, Begini Kata Polisi
PT Rizki Agung Perkasa Diduga Buka Loker Fiktif, Korban Mengaku Tertipu Hingga Jutaan Rupiah
Batik hitam putih lawyer para pencari kerja

Ditempat yang sama Managing Partner dari Kantor Hukum The Young Brothers & Partner’s  sekaligus Direktur Lembaga Bantuan Hukum Pendidikan  Indonesia Rezekinta Sofrizal S.H., M.H. yang dalam kesehariannya di sapa akrab Kinta selaku kuasa hukum para calon pekerja menyatakan PT Rizky Agung Perkasa sebagai Lembaga Penempatan Kerja Swasta-Antar Kerja Lokal (LPTKS-AKL) telah menyalahi aturan Ketenagakerjaan.

Diantaranya Pasal 15 Undang-Undang No.13 Tahun 2003 yang menyatakan ; Penyelenggara pelatihan kerja wajib memenuhi persyaratan: huruf (a); tersedianya tenaga kepelatihan, huruf (b) adanya kurikulum yang sesuai dengan tingkat pelatihan huruf (c) tersedianya sarana dan prasarana pelatihan kerja; dan huruf (d) tersedianya dana bagi kelangsungan kegiatan penyelenggaraan pelatihan kerja.

Lebih lanjut Kinta mengatakan adanya pelanggaran Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 39 Tahun 2016 Tentang Penempatan Tenaga Kerja yang dilakukan oleh PT. Rizky Agung Perkasa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 huruf bayang menyatakan;

LPTKS yang melakukan Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja melalui AKL dalam 1 (satu) daerah Kabupaten/Kota, wajib; (a) melaporkan job order dari Pemebri Kerja kepada Dinas Kabupaten/Kota, huruf (b); melibatkan Dinas Kabupaten/Kota dalam proses rekrutmen tenaga kerja.

“Dalam proses rekrutmen para pencari kerja PT. Rizky Agung Perkasa tidak melibatkan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi,” ucapnya.

“Untuk pelanggaran ketenagakerjaan kami akan melaporkan kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi,” lanjutnya.

“Selain melanggar sejumlah peraturan terkait dengan ketenagakerjaan, ada juga tindak pidana yang dilakukan oleh PT Rizky Agung Perkasa kepada para pencari kerja yang diiming-iming mendapatkan pekerjaan pada posisi dan perusahaan tertentu dengan meminta sejumlah uang kepada para pencari kerja, dimana sampai saat hari ini para pencari kerja yang telah mengeluarkan uang tidak juga dipekerjakan sebagaimana iming-iming PT. Rizky Agung Perkasa,” pungkas Kinta.

Reporter: M. Anwar Rizal

Bagaimana tanggapan anda?
+1
1
+1
2
+1
3
+1
0
+1
4
+1
9
+1
1

15 KOMENTAR

  1. saya juga, saya daftar ke pt rizky agung konsultan yang di PERKANTORAN SUNCITY SQUARE BLOK D.33
    Jl. Mayor M. Hasibuan, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Bekasi 17141.
    awalnya daftar dari web forum hdr indonesia, pas saya klik Apply For Job Production, langsung muncul nomer wa dan daftarnya lewat wa, selebihnya sama kaya yang di atas, tapi alhamdulillah sebelum saya milih jalur umum atau khusus, berita ini muncul. saya jadinya engga mau terusin ke lptks itu. terima kasih untuk beritanya, dan semoga kasusnya berjalan lancar, sampai mereka dapet hukuman yang setimpal.

  2. Buat kalian, gw udh terlanjur bayar, udh abis hampir 1jt lebih, ini PT emng bner bner bngst kalo dibicarain, jadi buat kalian yg mau daftar, tolong pikirkan baik baik ya, semoga ga kejadian kek gw

  3. Jangan mudah percaya kalo dapet panggilan kerja di ruko2 kaya gitu, apa lagi udah di mintain uang mending tinggalin aja, satu lagi kalo dapet panggilan kaya gitu tanyakan dulu grup grup info loker, seperti info loker cikarang, minta pendapat temen temen disana.. Biasanya korbannya orang baru lulus yg masih awam sama dunia pekerjaan

  4. Gw dah setahun gk ada panggilan setelah di check pertengahan bulan Juni kmrn ternyata kantor yg di jalan Bintara Bekasi udah pindah entah kmna

  5. Iya gua juga sama Barusan Gua Ambil Hasil Medical Cek Up (MCU) Gua Pikir Setelah itu Langsung di Tempatkan Ke PT Langgsung Soalnya di Via Wattshap Penempatan Kerja Nah di situ gua Baru Kepikiran Ada Yang Janggal Aneh.

  6. Emg dasar anjing, babi, monyet gaiss, pt abal balan bisa banget cari untungnya, blm aja ketangkep polisi tuh, tpi feelling gue bakalan bangkrut tuh pt aminnin gais, satu persatu bakalan keseret ke penjara aminnin gais biar jdi kenyataan, sok suci tuh karyawannya mending gausah pada pake kerudung klo kerjaannya nipu so alim anjir, bngst dasar

  7. Ini berita benar!
    Hahahahaha lucu kalian pak/bu mempermainkan masyarakat
    Manis banget omongan nya pas nyuruh korban bayar 550rbu, terus nyuruhin korban mcu di klinik bayar 350rbu, terus menawarkan kami lagi mau lewat jalur khusus atau umum
    Kok bisa ya kalian bertahan lama sampai sejauh ini ada bekingan ya? Hahahahahahaha
    Salut banget sama PT RISKI AGUNG PERKASA YANG TERHORMAT

  8. benerr bgt ,,PT Rizki agung yg skrng bertmpat di suncity square,,fix penipuan,,,ank sy jd korbanny ,,persis kronologiny seperti yg Laen disuruh byr 550 dan mcu 350,,,smpe skrng blom ad panggilan krja,,,dan anehny satpamny jg melakukn keanehan setiap yg habis wawancara slaluu lngsung disuruh pulang dan kita tdk boleh saling berbicara,,parkir dismping rukopun tdk boleh hrus didpn ruko mereka,,keliatan bgt mencurigakanny,,sy pun diberitahukan oleh orng2 disekitar PT itu klo PT itu penipu,,,dan sy sempet ribut dgn satpam PT tersebut,,,tolong pakk polisii ditindaklanjutiiii agar tdk ad korban lainnyaa,,,,dn smua orng yg berada di PT ituu segeraa mendapattt azab yg pedihhhh dr Allah SWT ,,,aamiin,,,

  9. Guys gua ngalamin hal yg kalian semua bilang:'( disuru bayar 550k trs byr mcu 350k tapi diundur” terus disuru nunggu” teruss sampe td ngambil hasil mcu gue kira bakal langsung di taro penempatan kerja gatau nya enggaaaa. Gue sedih bgt mana lg ky begini. Kalian yang mau ngelamar kerja hati” ya guys. Gue salah satu korban nya

  10. Udah ada berita ini kok sampe sekarang masih jalan ya itu PT, kaya belum ada tindak lanjut dari pihak yg berwajib
    Sampe hari ini masih ada yg jadi korban, kasihan para pencari kerja yg dibohongi

  11. Bener banget, sekarang dia berada di ruko blok F no 12, sampingan sama kementrian agama jakarta timur. Tapi orang sekitarnya tidak ada yang mencegah atau memposisikan berita ini.

  12. PT anjing penipuan abis uangnya aja yang jadi korban RP 1.300.000.Kan goblokk.
    Jangan di dengerin omongan setan itu..
    Mau kerja tapi di lempar lagi ke kantor lain,,

  13. Tolong yg menjadi korban share nomor kalian biar kita laporkan ke ranah hukum. Jangan sampai banyak korban yg kena tipu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !