Beranda Daerah Serang Raya Sekda Al Muktabar Sambut Rombongan Seba Baduy di Gedung Negara Provinsi Banten

Sekda Al Muktabar Sambut Rombongan Seba Baduy di Gedung Negara Provinsi Banten

SERANG, KabarXXI.Com Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten, Al Muktabar menyambut kedatangan rombongan masyarakat Baduy yang berasal dari Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, di Gedung Negara Provinsi Banten, Jl. Brigjen KH Syam’un No.5, Kotabaru, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, Sabtu, 07 Mei 2022.

Dalam penyambutan tersebut, Al Muktabar didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Alhamidi, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Bara Hudaya, beserta jajaran yang menyambut secara langsung di depan gerbang Pendopo Lama atas kedatangan 158 rombongan masyarakat Baduy dari Kanekes.

“Hari ini kita menerima Seba Masyarakat Baduy, yang merupakan acara rutin tahunan. Saya mendapat tugas dari Bapak Gubernur Banten untuk menerima dan menyambut serta melanjutkan berbagai agenda, dimana acara intinya akan dilakukan pada malam nanti,” kata Al Muktabar.

Ia juga berharap, kegiatan tersebut menjadi satu hubungan keakraban dari masyarakat Banten, khususnya masyarakat Baduy dengan Pemerintah Daerah baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

Baca Juga :  PKKMB Untirta 2021, Wagub Banten Minta Kampus Kembangkan Pembelajaran yang Tumbuhkan Budaya Inovasi

“Kami memaknai itu sebagai salah satu hubungan silaturahmi yang merupakan bagian dari kebanggaan Provinsi Banten,” katanya.

Baca Juga :  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kabupaten Serang Tanam Pohon di Puncak Gunung Pilar

Dalam kesempatan itu, Ia mengucapkan syukur atas kondisi pandemi yang terus melandai dan sangat terkendali, sehingga dapat terlaksananya kegiatan Seba Baduy dengan cukup khidmat.

“Tinggal nanti malam acara inti, untuk kita bisa memaknai dari agenda spiritual dari saudara-saudara kita masyarakat Baduy harapkan dan agendakan,” imbuhnya.

Ia juga menuturkan, berbagai macam kebudayaan yang ada merupakan sebuah pengikat untuk saling memberikan makna kebersamaan.

“Berbagai kebudayaan keanekaragaman sebagai satu pengikat untuk saling memberi dan memaknai apa yang kita lakukan di momentum ini,” tandasnya.

Sementara itu, Jaro Saija, salah satu Tetua Adat Suku Baduy dan juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak berharap, kedatangan dirinya beserta rombongan bisa diterima.

Baca Juga :  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kabupaten Serang Tanam Pohon di Puncak Gunung Pilar

“Kadie harapan kami mah mere peringatan ka urang Banten ku sabab urang di Baduy sebagai orang Banten sama sarua jeng didie te lepas tina silaturahmi tuh mere peringatan, mun cek Baduy mah eling-eling supaya ingat kabehan (kesini harapannya kami memberi peringatan ke orang Banten, karena orang Baduy sebagai orang Banten sama dengan yang disini tidak lepas dari tali silaturahmi, kalau kata Baduy mah eling-eling supaya ingat semuanya),” ujarnya

Ia juga menyampaikan, semua pihak harus ingat dan cinta kepada alam, memelihara alam serta melestarikan alam.

Selain itu, Ia juga berharap kepada semuanya agar dapat mendukung acara Seba Baduy

“Inget na urang na kudu cinta alam, mulasara alam, melestarikan alam (ingatnya kita harus cinta alam, memelihara alam, melestarikan alam),” tandasnya.

Baca Juga :  Diduga Minim K3 Karyawan PT Sugo Meninggal dunia

Upacara tradisional Seba Baduy ini merupakan sebuah tradisi yang dilakukan dalam rangka menyampaikan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah, dalam kurun waktu satu tahun.

Baca Juga :  Open Turnamen Volly Ball Dewata Cup 1 Tahun 2021, Tuan Rumah Raih Kemenangan

Selalu digelar setiap tahun, Seba Baduy juga diisi oleh prosesi silaturahmi antara masyarakat Suku Baduy dengan pemerintah setempat.

Namun dalam dua tahun terakhir, pelaksanaan Seba Baduy dilakukan secara terbatas akibat dari pandemi Covid-19. Namun untuk tahun ini, seiring dengan kasus Covid-19 di Banten yang cukup terkendali, Seba Baduy kembali dilakukan dengan kuota yang lebih banyak dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Sebelum datang ke Pendopo Lama Gubernur Banten, rombongan Seba Baduy terlebih dahulu singgah di Pemkab Lebak, untuk melakukan ritual yang sama dengan pemerintah setempat. (*/red)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !