Banten  

Sekeluarga di Lebak Alami Kebutaan, Kemensos Turun Tangan

Lebak, Kabarxxi.com – Rusmani beserta kelima anaknya Rohimi (50), Hindun (40), Maesaroh (35), Junaedi (34), dan Kokom (27) kini mendapat bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Pria berusia 70 tahun itu merupakan warga Kampung Cipasung, Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten yang mengalami kebutaan mata.

Kini Rusmani beserta kelima anaknya anak dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan.

Camat Warunggunung, Apip Saepudin mengatakan pengobatan yang akan dijalani Rusmani dan kelima anaknya dibiayai oleh Kemensos.

“Dibawa dulu ke RSUD Banten untuk diperiksa, untuk penanganan lebih lanjut kemungkinan akan dibawa ke Jakarta juga,” kata Apip kepada wartawan di kediaman Rusmani, Senin (30/10/2023).

Tim yang membawa Rusmani dan keluarganya adalah dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemensos Galih Pakuan Bogor.

Kokom, salah satu anak Rusmani yang mengalami kebutaan mata mengaku sebelumnya pernah diperiksa di rumah sakit di Lebak, namun tidak membuahkan hasil.

Kokom sendiri mengalami kebutaan pada 2018 dengan gejala awal sakit kepala dan matanya berair.

“Sakit kepala berbulan-bulan, setelahnya enggak bisa melihat total, pas dibawa ke rumah sakit katanya sudah gak bisa disembuhkan,” tutur dia.

Gejala tersebut juga dialami kakak dan adik Kokom dan juga ayahnya Rusmani sebelum mereka tidak bisa melihat.

Hingga saat ini, kata Kokom, mereka tidak pernah lagi berobat, selain karena tidak tahu penyebabnya, juga karena keterbatasan biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *