Beranda Daerah Selalu Ada di Tengah Masyarakat, BPBD Kota Tangerang Siap Siaga Tanggulangi Bencana

Selalu Ada di Tengah Masyarakat, BPBD Kota Tangerang Siap Siaga Tanggulangi Bencana

Tangerang, Kabarxxi.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang selalu ada di tengah masyarakat. Sesuai motto yang dimiliki, BPBD Kota Tangerang selalu siap siaga dalam menanggulangi bencana yang terjadi di Kota Tangerang seperti banjir dan kebakaran pada umumnya.

“Untuk sementara ini banjir alhamdulillah sudah tidak ada lagi ya, sekarang hanya tinggal genangan saja. Yang banyak itu kebakaran, sarang tawon dan cincin,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Deni Koswara, Selasa (28/6/2022).

Titik rawan banjir di Kota Tangerang ada di wilayah Karawaci, Periuk Barat, Karang Tengah dan Ciledug. Untuk mengantisipasinya, dia mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait.

Baca Juga :  Jiwa Kepemimpinan Terasah saat Pimpin Kadin Jatim, LaNyalla Turut Hadirkan Banyak Pengusaha Baru

“Kami sifatnya hanya sebagai koordinator saja, kami berkoordinasi dengan teman-teman di Dinas PU dan Perkim kaitan dengan kelayakan saluran airnya. Di samping itu kami juga berkoordinasi dengan Katulampa dan Batubelah,” jelasnya.

Deni menyebut di antara bencana banjir dan kebakaran, kasus yang banyak ditemukan adalah sarang tawon. Uniknya, ditemukan juga kasus cincin.

“Sarang tawon kasusnya justru lebih banyak dari kebakaran karena wilayah Kota Tangerang masih sangat rentan dengan binatang tersebut. Bahkan uniknya, warga yang cincinnya jatuh ke dalam selokan dalam dan tertutup pun menghubungi pihak kami,” tutur Deni seraya tersenyum.

Baca Juga :  Ponpes Al Juhariyah Sering Kebanjiran, Forum Cikoja Lakukan Hal ini

“Pada intinya, bencana atau musibah apapun kami siap siaga dan selalu ada di tengah masyarakat,” tandasnya.

Deni mengatakan mobil Damkar yang dimiliki BPBD Kota Tangerang sebanyak 13 unit.

“Sementara sudah cukup, karena dalam hal ini kita hanya peremajaan unit saja bukan pengadaan,” tukasnya.

Pada kesempatan itu Deni menyampaikan, BPBD Kota Tangerang mempunyai program Kampung Tanggung Bencana yang akan dilaksanakan di tahun 2022.

“Program kami yakni Kampung Tangguh Bencana yang akan dibentuk di beberapa Kelurahan yang sering terjadi bencana. Kami akan mencoba melatih masyarakat bagaimana kesiapsiagaan mereka dalam menanggulangi bencana banjir dan kebakaran yang in syaa Allah akan dilaksanakan di tahun ini,” tutur Deni.

Baca Juga :  Jalan Disegel Pemilik Lahan, Warga Ancam Polisikan Direktur Tambang Emas Milik Anak Perusahaan Antam

Lebih jauh Deni mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang untuk bisa mengantisipasi bencana yang kerap terjadi.

“Senantiasa menjaga kebersihan lingkungan terutama saluran air dengan bergotong royong guna menghindari genangan air atau banjir. Kalau mau keluar rumah agar senantiasa mengecek kondisi listrik, cabut saluran listriknya sekiranya tidak digunakan karena korsleting listrik adalah penyebab utama banyaknya terjadi kebakaran,” pungkasnya. (Wdy)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !