Beranda Info dan Tips Sulit Tidur Dimalam Hari? Atasi Dengan Hal ini

Sulit Tidur Dimalam Hari? Atasi Dengan Hal ini

Jakarta, Kabarxxi.com – Kamu pernah merasa sulit tidur di malam hari? Kurang tidur tentunya sangat berpengaruh untuk kesehatan dan aktifitas kita sehari-hari.

Gangguan tidur yang terjadi dalam jangka panjang sangat berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit.

Kebiasaan sulit tidur di malam hari bisa juga disebabkan oleh kondisi fisik juga mental, seperti kondisi banyak pikiran, stres, depresi ataupun mengalami kecemasan.

Sulit tidur juga bisa saja terjadi karena kebiasaan buruk yang seringkali kamu lakukan misalnya, begadang, terlalu lama tidur siang, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Melansir berbagai sumber, berikut lima langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sulit tertidur di malam hari.

Gunakan Teknik Bernapas 4-7-8

Gunakan Teknik Bernapas 4-7-8

Untuk mengatasi masalah gangguan tidur di malam hari, kamu bisa mempraktikan teknik bernapas 4-7-8 ini. Teknik bernapas 4-7-8 atau relaksasi pernapasan dapat membantu kamu merasa tenang dan rileks. Relaksasi pernapasan ini merupakan salah satu cara agar kamu bisa segera tertidur.

Melansir Medical News Today, berikut adalah cara bernapas 4-27-8 untuk mengurangi kecemasan sebelum tidur:

  • Buang napas dalam-dalam
  • Tarik napas melalui hidung selama empat detik
  • Tahan napas selama 7 detik
  • Buang napas secara perlahan melalui mulut selama delapan detik hingga terdengar suara ‘whoosh’
  • Ulangi langkah-lahkah tersebut sebayak empat kali
Baca Juga :  Pelayanan PT Aetra Air Tangerang Dikeluhkan Konsumen

Melakukan Aktivitas yang Membuatmu Lelah

Melakukan Aktivitas yang Membuatmu Lelah

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sulit tidur yaitu dengan melakukan aktivitas yang bisa membuatmu lelah. Misalnya, seperti olahraga ringan sebelum tidur.

Baca Juga :  Kisah Suami Istri Meninggal di Hari Bersamaan, Real Cinta Sejati, Dimakamkan Satu Liang Lahat

Saat tubuhmu lelah karena banyak mengeluarkan tenaga, maka hasrat ingin beristirahat juga semakin kuat. Pada akhirnya kamu juga akan merasa lelah dan akan tertidur dengan nyenyak.

Minimalkan Paparan Sinar Biru

Minimalkan Paparan Sinar Biru

Blue Light atau sinar biru merupakan spectrum sinar tertentu yang bisa saja dipancarkan dari ponsel, laptop, tablet, televisi, bahkan lampu.

Terkena paparan sinar biru terlalu berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Salah satunya, membuat siklus tidur malam kita menjadi terganggu.

Maka dari itu, usahakan 20 menit sebelum kamu tidur sebaiknya kamu mematikan ponsel, televisi, atau sumber cahaya lainnya.

Baca Juga :  Pemuda Jamik Peduli berbagi dengan Kaum Shauw Dhuafa dan Santuni Anak Yatim

Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi

Makanan yang mengandung tinggi karbohidrat pada dasarnya memang dapat membantu orang menjadi lebih mudah mengantuk. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat justru akan mengganggu kualitas tidur kamu, guys.

Untuk mengatasi gangguan tidur, kamu lebih dianjurkan untuk lebih memilih makanan yang mengandung tinggi lemak sehat dibandingkan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat.

Beberapa makanan yang terbilang kaya akan lemak sehat di antaranya alpukat, kacang-kacangan, telur, salmon, dayam ataupun brokoli.

Mandi

Mandi

Poin terakhir ini perlu kamu perhatikan nih Urbanriders, yaitu membersihkan tubuh. Membersihkan tubuh atau mandi sebelum tidur merupakan salah satu langkah efektif yang bisa ngebantu tidurmu lebih berkualitas.

Beberapa riset menunjukan, orang akan lebih gampang merasa mengantuk setelah mandi di malam hari. Berendam atau mandi air hangat selama 90 menit sebelum tidur akan membantu tidurmu lebih nyenyak.

Nah, itulah lima langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sulit tertidur di malam hari. Kamu bisa mempraktikkannya di rumah, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

PANTAU TERUS !