Beranda Politik Survei LSN: Prabowo Menang di Jabar, Unggul Tipis di Jatim dengan Ganjar

Survei LSN: Prabowo Menang di Jabar, Unggul Tipis di Jatim dengan Ganjar

Jakarta, Kabarxxi.com – Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis elektabilitas tokoh-tokoh yang masuk bursa calon presiden (capres) 2024 di Pulau Jawa. Tercatat bahwa elektabilitas Prabowo Subianto teratas di Jawa Barat (Jabar) dan menguat di Jawa Timur (Jatim).

Survei ini dilakukan pada 2-11 Januari 2023 dengan total responden 810. Pengambilan sampel dilakukan secara acak bertingkat atau multistage random samping. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka. Margin of error dalam survei ini +/- 3,44% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Baca Juga :  Instruksikan Pemenangan Airlangga, Andika Keliling ke DPD Golkar Kabupaten dan Kota di Banten

Pada hasil survei LSN di Jabar, Prabowo Subianto mendapatkan angka sebanyak 54,8 persen. Lalu disusul Anies Baswedan 24,8 persen dan Ganjar Pranowo 13,2%. Kemudian 3,6% responden lainnya mengaku masih belum punya pilihan.

“Prabowo Subianto masih belum tergoyahkan hegemoninya di Jawa Barat. Dugaan bahwa Anies Baswedan berhasil menggerus kantong-kantong suara Prabowo di tanah Sunda, tak terbukti dalam survei LSN kali ini. Masyarakat Jawa Barat tetap menjadi pemilih loyal (loyal voters) bagi Prabowo sekaligus juga bagi Partai Gerindra,” kata Direktur Eksekutif LSN Gema N Bakry, dalam konferensi pers virtual, Sabtu (14/1/2023).

Baca Juga :  Pengamat Nilai Prahara Partai Demokrat Bikin AHY Tegar

Sementara, pada wilayah Jawa Timur, elektabilitas Prabowo dan Ganjar bersaing ketat. Namun, Prabowo tetap berada teratas dengan angka 42,1% dan Ganjar 41,9%. Lalu disusul Anies sebanyak 13,5% dan belum memilih 2,5%.

“Berdasarkan hasil survei LSN, jika Pilpres hanya diikuti tiga capres maka Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat menjadi pemenang,” ujarnya.

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri 1443 H, DPC Gerindra Kabupaten Tangerang Bagikan Ribuan Paket Sembako

Lebih lanjut, Gema mengatakan adanya isu pasangan Prabowo-Khofifah bisa mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jatim. Dia menyebut Khofifah masih menjadi penentu elektabilitas capres di Jatim.

“Isu bakal majunya pasangan Prabowo/Khofifah yang sempat beredar belum lama ini nampaknya cukup mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jawa Timur. Artinya ‘Khofifah Effect’ nampaknya masih cukup kuat di Jawa Timur dan itu dapat menjadi faktor penentu capres mana yang akan unggul di provinsi paling timur Pulau Jawa itu,” katanya.

Bagaimana tanggapan anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Rekomendasi Untuk ANDA

Ringankan Beban Masyarakat, Bacaleg PKB Gelar Pasar Murah di Kabupaten Serang

Serang, Kabarxxi.Com - Menyongsong tahun politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Serang menggelar operasi pasar murah di beberapa Kecamatan salah satunya di...

Soal Temuan Inspektorat, Bendahara PNPM Kecamatan Bonjol: Akan Saya Selesaikan!

PASAMAN, KabarXXI.Com – Bendahara PNPM Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), kepada awak media ini, Kamis, 26 Januari 2023 mengaku khilaf...

Selain Buat Jalan Licin, 13 Lokasi Pencucian Pasir Kuarsa di Tuban Diduga Tak Kantongi Izin

Tuban, Kabarxxi.com - LSM Pergerakan Seluruh Unsur Sejahtera (PASUS), menyebut jika aktivitas pencucian pasir silica atau lazim disebut pasir kuarsa yang berlokasi...

Oknum PNS di Kelurahan Bangkingan Tarik Pungli Rp30 Juta ke Warga

Surabaya, Kabarxxi.com - Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kelurahan Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya, diduga menarik pungutan liar (pungli) senilai Rp30...

PANTAU TERUS !