Beranda Nasional Tanamkan Nilai Toleransi, Film Animasi "Ini Budi" Dicanangkan Sebagai  Materi Belajar Sekolah

Tanamkan Nilai Toleransi, Film Animasi “Ini Budi” Dicanangkan Sebagai  Materi Belajar Sekolah

Jakarta,kabarxxi.com – Untuk membantu menanamkan nilai-nilai toleransi agar lebih mudah dimengerti siswa., Film animasi “Ini Budi” dicanangkan menjadi salah satu materi belajar di sekolah.


Film ini mengajarkan pentingnya pengetahuan menghargai perbedaan sejak dini, sehingga akan memberikan dampak positif bagi pelajar ke depannya.

Berdasar Riset Programme for International Students Assessment (PISA) tahun 2018, 41 persen siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan (bullying) yang disebabkan oleh perbedaan.

Managing Director Indika Foundation Ayu Kartika mengatakan perundungan adalah salah satu bentuk intoleransi dan ketidakmampuan menghargai perbedaan

 
“Perundungan adalah salah satu bentuk intoleransi dan ketidakmampuan menghargai perbedaan. Saya berharap ‘Ini Budi’ bisa jadi cara seru untuk membantu menanamkan nilai-nilai toleransi kepada siswa,” ujarnya pada Rabu (28/7/2021).

Baca Juga :  23 Teroris Diterbangkan dari Lampung ke Jakarta

“’Ini Budi’ juga sangat relevan bagi siswa, karena menggunakan konten video dan platform media sosial yang disenangi anak-anak, sehingga saya berharap siswa dapat lebih mudah memahami nilai toleransi,” katanya.


Rumah Produksi Paragon Pictures dan Indika Foundation pun membuat sebuah kegiatan yang tidak biasa di dalam dunia pendidikan Indonesia, yaitu belajar dan mengajar melalui storytelling.

Hal tersebut dilakukan agar siswa dan siswi tidak mudah jenuh saat belajar secara daring. Salah satu kegiatannya adalah menggelar event workshop kreatif yang diperuntukkan untuk para guru.

Baca Juga :  23 Teroris Diterbangkan dari Lampung ke Jakarta

Dalam acara tersebut, para guru diajarkan cara membuat sebuah storytelling yang menarik bagi siswa dan siswi. Film “Ini Budi” dipilih menjadi salah satu materi untuk pengajaran storytelling.

Produser Paragon Pictures, Ellen Xie mengatakan beratnya pengajaran secara daring sangat dirasakan oleh para guru. Selain karena kurangnya interaksi, anak kadang gampang terdistraksi. Karena itulah metode ajar yang kreatif diperlukan oleh para guru.

Baca Juga :  Layanan Rapid Test Antigen Covid-19 Lion Air Group dari Manado

“Lain halnya ketika anak sedang menonton film kartun di TV, mereka bisa betah berjam-jam berkonsentrasi. Kami melihat pembuatan film kartun dan edukasi dapat saling berkolaborasi sehingga kita bisa memberikan tontonan yang bermakna dan anak dapat bergembira menikmatinya,” katanya.

“Kami berharap lewat film animasi ‘Ini Budi’, anak-anak menjadi lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah dan menjadikan sekolah tempat yang menyenangkan bagi mereka,” harapnya.(link)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !