Tingkatkan Pengawasan dan Pengendalian, Pj Gubernur Al Muktabar Ajak Semua Pemda Perkuat Kolaborasi

SERANG, KabarXXI.Com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar mengajak kepada seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Banten untuk memperkuat kolaborasi bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat guna meningkatkan pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan pemerintahan.

Hal itu diungkapkan Al Muktabar saat memberikan arahan pada kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Pengawasan se-Provinsi Banten 2024, di Aula Inspektorat Provinsi Banten, Selasa, 11 Juni 2024), yang diikuti oleh seluruh Inspektur di Provinsi Banten, Kepala BPKP Banten, Korsupgah KPK serta perwakilan dari Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemendagri.

Menurut Al Muktabar, Pemprov Banten secara konsisten melakukan pengawasan dan pengamanan bersama Kejaksaan, baik dalam hal proyek strategis daerah maupun proyek strategis nasional, dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai pertanggungjawabannya.

“Hal itu dilakukan sebagai bentuk mitigasi risiko yang dilakukan sejak awal, sehingga dengan begitu kita bisa mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena dengan begitu, seluruh program yang dijalankan pemerintah bisa terlaksana dengan baik dan maksimal,” ujarnya.

“Kita berharap Pemda juga melakukan partnership yang baik dengan Kejari masing-masing. Sehingga semua kegiatan kita sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” imbuhnya.

Selain itu, kata Al Muktabar, momen ini juga dijadikan sebagai transformasi penambahan pengetahuan bagi Auditor dan Pengawas di seluruh Pemda. Hal ini terus dilakukan salah satunya sebagai bentuk saling mengingatkan sebagai sesama manusia yang mempunyai segala keterbatasan.

“Mudah-mudahan dengan terus berkolaborasi seperti ini kita bisa mewujudkan pemerintahan yang bersih. Asas efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” pungkasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Provinsi Banten, Usman Assidiqi Qohara menambahkan, kegiatan itu merupakan bentuk pembinaan yang dilakukan Provinsi dalam hal pengawasan internal. Sehingga setelah kegiatan ini diharapkan akan terwujud tata pemerintahan yang lebih bersih dan akuntabel.

“Dimana itu semua bermuaranya untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *