Tukang Banner di Jombang Edarkan Sabu dalam Kemasan Permen dan Jajan

Jombang, Kabarxxi.com – Akal bulus Samsul Arifin (31) mengedarkan sabu di Jombang berhasil digagalkan polisi. Tukang pasang banner asal Taman, Sidoarjo ini mengemas narkotika golongan I itu dengan bungkus jajan dan permen.

Kasatreskoba Polres Jombang AKP Komar Sasmito mengatakan Samsul diringkus di Desa Plandi, Kecamatan Jombang pada Senin (2/10) sekitar pukul 17.30 WIB. Ketika itu, tersangka akan mengirim 23 paket sabu kepada pengedar di Kota Santri.

Untuk mengelabui polisi, Samsul mengemas 23 paket sabu dengan bungkus jajan dan permen. Terdiri dari 19 paket sabu dibungkus jajan SiiP, 3 paket sabu dibungkus permen Kopiko dan Kiss, serta 1 paket dibungkus plastik klip biasa.

“Berat total 23 paket sabu tersebut 27,04 gram. Pelaku sengaja mengemas sabu dengan bekas bungkus jajan dan permen ini untuk mengelabuhi kami,” terangnya kepada wartawan, Minggu (15/10/2023).

Penangkapan Samsul, lanjut Komar, hasil pengembangan dari pengedar yang lebih dulu ditangkap di Jombang. Kepada penyidik, pengedar tersebut mengaku mendapat pasokan sabu dari Samsul.

Selain sabu, pihaknya juga menyita 5 butir pil ekstasi, 2 ponsel dan 1 sepeda motor Honda Genio milik Samsul. Pria yang sehari-hari menjadi tukang pasang banner ini dijerat dengan pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Ancaman hukumannya paling singkat 5 tahun penjara,” jelas Komar.

Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi mengajak seluruh masyarakat menjauhi narkoba jenis apapun. Ia juga meminta partisipasi warga Kota Santri untuk melaporkan penyalahgunaan maupun peredaran narkoba di lingkungan masing-masing.

“Sekecil apapun informasinya akan kami tangani, pelaku kami tindak tegas. Mari perangi bersama narkoba di Kota Santri ini,” tandasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *