Beranda Internasional Ubah Konstitusi Agar Jabatan Presiden Tiga Periode, Presiden Guinea Kini Digulingkan

Ubah Konstitusi Agar Jabatan Presiden Tiga Periode, Presiden Guinea Kini Digulingkan

Guinea, kabarxxi.com – Presiden Guinea, Alpha Condé kini digulingkan. Sebelunya Conde mengubah konstitusi dengan menghapus pembatasan dua periode lalu dan memenangkan pilihan presiden untuk masa ketiga jabatannya yang curang.

Aksi Presiden itu memicu protes massa. Puluhan orang tewas selama demonstrasi dalam bentrokan dengan pasukan keamanan. Ratusan ditangkap.  Seorang Kolonel Pasukan Khusus Mengatakan Dia Telah Menangkap Presiden Guinea

Kini nasib Alpha Condé tidak jelas setelah sebuah video menunjukkan dia dikelilingi oleh tentara yang menyatakan mereka telah merebut kekuasaan. Mereka mengklaim telah membubarkan pemerintah, menyusul baku tembak selama berjam- jam di dekat istana kepresidenan di ibu kota, Conakry.

Negara Afrika Barat Guinea kaya akan sumber daya alam tetapi bertahun-tahun dilanda kerusuhan dan salah urus.  Sebuah liputan menampilkan sembilan tentara yang mengatakan mereka telah mengambil alih pemerintahan karena korupsi yang merajalela, salah urus dan kemiskinan rakyat.

Baca Juga :  McCarthy: ‘Kebohongan’ Pajak Biden Terkena Inflasi

Menyebut diri mereka Komite Nasional untuk Rekonsiliasi dan Pembangunan, mereka mengatakan bahwa konstitusi telah dibubarkan dan akan ada dewan yang membuat konstitusi baru yang lebih inklusif.

“Tugas seorang tentara adalah menyelamatkan negara,” kata Kolonel Mamadi Doumbouya, yang duduk bersama sejumlah tentara di sampingnya, saat membacakan pernyataan tersebut.

“Personalisasi kehidupan politik sudah berakhir. Kami tidak akan lagi mempercayakan politik kepada satu orang, kami akan mempercayakannya kepada rakyat,” kata Doumbouya, seraya menambahkan bahwa konstitusi juga akan dibubarkan dan perbatasan ditutup selama satu minggu.

Baca Juga :  Inilah Daftar Pemenang Emmy Awards 2021

Doumbouya, yang mengepalai unit pasukan khusus di militer, mengatakan dia bertindak demi kepentingan terbaik negara.

Sebuah pernyataan yang dibacakan melalui televisi nasional pada Minggu malam bahwa mereka akan bertemu dengan para menteri kabinet Conde dan pejabat tinggi lainnya pada pukul 11:00 GMT pada hari Senin (6/9/2021) di Conakry.

Wartawan Guinea Youssouf Bah mengatakan kepada Al Jazeera bahwa “Sejak pernyataan di televisi nasional itu, para pendukung oposisi turun ke jalan dan ribuan pemuda menari, menyambut mereka,” katanya.

Tapi, Kementerian Pertahanan mengatakan serangan terhadap istana presiden oleh pasukan pemberontak telah dilawan oleh pasukan yang setia kepada presiden.  Situasi masih kacau. Terjadi bentrokan antara kelompok yang berbeda haluan politik. Jadi sangat sulit untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi.

Baca Juga :  Inflasi Meningkat 5,4 Persen, Survei Politico: Mayoritas Salahkan Joe Biden

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan kendaraan militer berpatroli di jalan-jalan dan memerintahkan penduduk melalui pengeras suara untuk tetap berada di dalam rumah.  “Sebelumnya, satu- satunya jembatan yang menghubungkan ke semenanjung Kaloum, tempat sebagian besar kementerian dan istana presiden, ditutup oleh banyak tentara, beberapa bersenjata berat, ditempatkan di sekitar istana,” kata laporan Reuters.(sumber)

Bagaimana tanggapan anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Viral Video Mesum Parakan 01 Hebohkan Warga

Serang, Kabarxxi.com - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang melakukan tindakan mesum di belakang ruko kawasan Asiatex, Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang...

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Oleh: Wilson Lalengke Beberapa waktu belakangan, viral diberitakan tentang dugaan pemalakan yang dilakukan oknum penyidik di Subdit IV Direktorat...

Kades Mekarjaya Dinilai Arogan ‘Aing Mah Fokus Neangan Duit’

Lebak, kabarxxi.com - Saleh selaku Kades Mekarjaya kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat khususnya kaum milenial di Desa tersebut....

DPP Badak Banten Pecat Eli Sahroni Dengan Tidak Hormat

Kota Tangerang, Kabarxxi.com - DPP Badak Banten tindak tegas Eli Sahroni yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Badak Banten Provinsi Banten berupa...

PANTAU TERUS !